Update Covid-19: Pegawai Bank Terkonfirmasi Positif Corona

Juru Bicara Bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Kabupaten Bangka, Boy Yandra.(ist)
Juru Bicara Bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Kabupaten Bangka, Boy Yandra.(ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- OL (29) perempuan warga Jalan Depati Amir Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dinyatakan terkomfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab yang dikeluarkan Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang. 

Juru Bicara Bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Kabupaten Bangka, Boy Yandra, mengatakan dengan adanya penambahan kasus baru ini, maka di Bangka terdata total 58 kasus. 

"Dari 58 kasus itu, 57 diantaranya sudah dinyatakan sembuh, dan satu kasus baru ini masih dalam pemeriksaan dan perawatan di Wisma Karantina Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD Babel," kata Boy Yandra di Sungailiat, Senin (6/7/2020). 

"OL merupakan salah satu karyawan bank di Pangkalpinang, dan dinyatakan kluster bank tersebut," ujarnya. 

Lanjutnya, OL merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG) dan berdasarkan riwayat pemeriksaan, pasien kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. 

Dan upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap orang yang kontak erat dengan OL, kemudian melakukan Rapid Test dan Swab terhadap kontak primer dan skunder. 

Tidak hanya itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi yang dianggap rawan, serta melakukan sosialisasi dan penegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di pusat keramaian seperti pasar, warung kopi, cafe dan lain sebagainya. 

"Dan hingga saat ini di Bangka terdata sebanyak 372 OTG yang selesai pantau sebanyak 618 orang, kemudian sebanyak 273 orang dalam pemantauan (ODP) dan selesai pantau sebanyak 269 orang, untuk pasien dalam pengawasan sebanyak 450 dan selesai 450 orang," jelas Boy Yandra. 

"Kami mengimbau ke masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan protokol kesehatan Covid-19, jangan mengucilkan mereka yang dinyatakan reaktif atau positif, tapi berikan perhatian dan dukungan supaya mereka cepat sembuh," pungkasnya. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE