Update Covid-19: Di Babel Bertambah Lagi Dua Positif Corona

Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendata kembali terjadi penambahan dua kasus positif Covid-19.

Penambahan kali ini masih di Kota Pangkalpinang atas nama AL (27) dan IZ (20) keduanya warga Jalan Delima III Kelurahan Taman Bunga Kecamatan Gerunggang, berdasarkan riwayat yang bersangkutan terpapar dari RL, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19, yang merupakan kontak erat LI, orang yang juga terkonfirmasi Covid-19.

AL diketahui anak dari RL, sedangkan IZ diketahui keponakan dari RL, keduanya diketahui positif berdasarkan hasil tes swab PCR pada 6 Juli 2020, dan langsung diisolasi dan menjalani penanganan di LPMP Babel.

"Penambahan demi penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di awal bulan Juli 2020 ini sudah sepatutnya menjadi "warning" dan perhatian bagi kita semua warga masyarakat di Babel," kata Juru Bicara GTPPC-19 Babel, Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Selasa (7/6/2020).

"Hal ini tak terkecuali bagi GTPPC-19 kota/ kabupaten, untuk lebih responsif dan proaktif dalam melakukan pengendalian kasus terutama "skrining" atau deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19, seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) menuju tatanan kehidupan baru yang produktif dan aman," ujarnya.

Lanjutnya, meski persentase tingkat bebas Covid-19 masih berada dalam tren yang relatif baik yakni di angka 80,70 persen, namun sejumlah orang yang terpapar di Babel, belakangan khususnya dari K-0 (yang notabene merupakan tenaga kesehatan), menunjukkan bahwa transmisi lokal dan penularan Covid-19 yang bersifat massif tak bisa dianggap sebagai persoalan enteng atau remeh apalagi disepelekan.

"Setidaknya per hari ini saja, orang yang terpapar Covid-19 dari dan melalui jalur transmisi KO setidaknya sudah mencapai 13 (tiga belas) orang, yang terdiri dari anggota keluarga maupun pasien yang bersangkutan," jelas Andi.

"Dan hingga saat ini kumulatif kasus 171 dengan sebaran di Pangkalpinang 49, Bangka 58, Bangka Tengah 14, Bangka Barat 22, Bangka Selatan 9, Belitung 17 dan Belitung Timur 2, dalam perawatan 33, dinyatakan sehat/ bebas Covid-19 sebanyak 136 dan meninggal dunia 2," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL