Termasuk B3, Limbah Medis Bekas Penanganan Covid Dikelola Pihak Ketiga

TPA Parit 6 kota Pangkalpinang. (Hendri/wowbabel)
TPA Parit 6 kota Pangkalpinang. (Hendri/wowbabel)

PANGKAPINANG, www.wowbabel.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkapinang mengklaim sampah medis infeksius jenis limbah medis bekas penanganan pasien Covid-19 tidak masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Parit 6 Pangkapinang, Provinsi Bangka Belitung.

Pasalnya dalam prosedur pengelolaan limbah medis infeksius harus dikelola secara khusus alias tidak sembarangan, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Lalu, bagaimana penanganan sampah medis infeksius di Kota Pangkapinang.

Kabid Pengelolaan Sampah, B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang, Yosi Saria, mengatakan limbah medis infeksius masuk dalam katagori limbah B3 maka harus dengan penanganan khusus dan bukan dimasukkan ke TPA Parit 6.

"Kalau kita domestik, limbah B3 ini dia ada perizinan sendiri dan pengolahannya itu harus ke pihak ketiga yang memiliki izin, pihak ketiga yang memang bisa mengelola sampah medis," kata dia ketika dikonfirmasi wowbabel, Rabu (8/7/2020). 

"Kalau sembarangan akan terjadi penyebaran penyakit, itu yang tidak diharapkan maka tidak boleh sembarangan ke pembuangan sampah domestik, harus ada penanganan khusus," ungkap Yosi.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE