Hingga Juli 2020, 11 Orang Meninggal Dunia Akibat Lakalantas

Dwi H Putra    •    Kamis, 09 Juli 2020 | 14:19 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terhitung hingga awal Juli 2020 mencapai 30 kasus. 

Peristiwa yang mengakibatkan sebanyak 11 orang meninggal dunia, 11 orang mengalami luka berat dan 10 orang luka ringan, berdasarkan hasil penyelidikan Satlantas Polres Bangka disebabkan human error (faktor manusia). 

"Kebanyakan disebabkan human error, karena ini hampir dari setiap tempat kejadian perkara (TKP) hasil penyelidikan dan keterangan saksi," kata Kasat Lantas Polres Bangka, Iptu Nanang di Sungailiat, Kamis (9/6/2020). 

"Dan di setiap TKP, kondisi jalan hampir semuanya bagus,  atau tidak dalam kondisi rusak parah," ujarnya. 

Lanjutnya, human error ini kebanyakan pengendara tidak mengamati kondisi lalu lintas, seperti mendahului di jalanan menanjak atau tikungan. 

"Ada juga di jalanan lurus, tapi mendahului tanpa melihat kondisi dari arah berlawanan, ada juga yang melaju dengan kecepatan tinggi," jelas Kasat Lantas. 

Maka dari itu, ditambahkannya Satlantas Polres Bangka tidak bosan memberikan imbauan dan menggelar razia guna menertibkan pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas. 

"Kami selalu mengingatkan agar pengendara berhati-hati, apalagi saat hujan seperti ini, karena jalan cenderung licin. Pengaturan jalan juga kami lakukan sebagai salah satu bentuk penguatan pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," tukas Iptu Nanang. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE