Rakor Bersama Kades dan BPD, Ini Pesan Bupati Bangka

Dwi H Putra    •    Selasa, 14 Juli 2020 | 13:50 WIB
Lokal
Bupati Bangka, Mulkan SH MH.(dwi/wb)
Bupati Bangka, Mulkan SH MH.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus berupaya memperkuat sinergisitas dan koordinasi dengan pemerintah desa.

Salah satunya dengan melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) seluruh desa di Kabupaten Bangka. 

Bupati Bangka, Mulkan SH MH, menyampaikan rapat koordinasi ini dilaksanakan, guna memperkuat tali silaturahmi serta memperkuat koordinasi terutama dalam membangun daerah.

"Desa merupakan ujung tombak dalam pembangunan daerah, sehingga perlu dijaga dan ditingkatkan hubungan agar selalu harmonis dan tidak terjadi miss komunikasi. Begitu juga antar sesama desa untuk terus meningkatkan koordinasi," kata Mulkan,  Selasa (14/6/2020). 

Menurut Mulkan, beberapa poin penting menjadi penekanan bagi seluruh kepala desa, diantaranya berkaitan dengan pengembangan sektor unggulan desa dan penekanan penyelesaian tapal batas antar desa.

"Terkait tapal batas desa, diharapkan untuk diselesaikan dengan sesegera mungkin, sebab batas desa bukan merupakan legalitas semata, dan bukan melarang untuk masyarakat mengelola suatu daerah dengan wilayah berbeda," jelas Mulkan. 

"Namun, hal ini agar bisa tertib administrasi terkait setiap pengembangan dan peningkatan pengelolaan desa," ujarnya. 

Mulkan menambahkan begitu juga dengan pengembangan sektor unggulan desa yang diharapkan dapat dimaksimalkan, apalagi kedepan setiap daerah dituntut mandiri dengan memanfaatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mengurangi ketergantungan dengan bantuan pusat.

"Desa juga memiliki potensi yang luar biasa yang dapat dikembangkan guna meningkatkan pendapatan desa, jadi kedepannya jangan hanya berharap bantuan dari pemerintah pusat tetapi berusahalah untuk mandiri," paparnya.

"Manfaatkan setiap potensi yang ada di desa, baik potensi wisata alam, perkebunan dan lainnya, supaya bisa meningkatkan pendapatan bagi desa dan masyarakat," tukas Mulkan. (dwi/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL