Bahas Pilkada 2020 di Tengah Covid-19, HMI Gelar Webinar

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bangka Belitung bersama Polda Bangka Belitung menggelar webinar ‘Suksesi Pilkada Serentak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Tengah Covid-19.’ Webinar ini dilaksanakan Rabu (15/07/2020) pukul 10.00 WIB di Tan Kasteel, Kota Pangkalpinang.(fiz/wb)
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bangka Belitung bersama Polda Bangka Belitung menggelar webinar ‘Suksesi Pilkada Serentak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Tengah Covid-19.’ Webinar ini dilaksanakan Rabu (15/07/2020) pukul 10.00 WIB di Tan Kasteel, Kota Pangkalpinang.(fiz/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bangka Belitung bersama Polda Bangka Belitung menggelar webinar ‘Suksesi Pilkada Serentak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Tengah Covid-19.’ Webinar ini dilaksanakan Rabu (15/07/2020) pukul 10.00 WIB di Tan Kasteel, Kota Pangkalpinang. 

Kegiatan ini mengundang beberapa narasumber, yakni Ketua KPU Babel, Ketua Bawaslu Babel, Wakapolda Babel, Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rektor UBB, serta Akademisi Stisipol Pahlawan 12.

Ketua Pelaksana webinar, Fitriyanti menyampaikan kegiatan ini sebagai wadah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Pilkada yang akan segera diselenggarakan. 

"Memberikan pemahaman mengenai dampak dari pilkada ditengah Covid-19 ini, harapannya ketika webinar ini dilaksanakan dapat memberikan feedback kepada peserta ataupun orang lain dan masyarakat, sehingga dalam penyelenggaraan Pemilu 2020 ini bisa berjalan lancar, tapi masih sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku," tutur Fitriyanti saat diwawancarai, Rabu (15/07/2020).

Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Davitri mengatakan untuk anggaran sudah selesai dipersiapkan. Kendati demikian, dalam persiapannya masih melalui beberapa proses tahapan. KPU Provinsi Babel sendiri menargetkan partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen di tengah Pandemi Covid-19. 

"Di empat kabupaten masih akan diselenggarakan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih sampai 13 Agustus nanti . Gerakan coklit ini akan dilakukan serentak 18 Juli ini, yang akan dimulai pada tanggal 15 hari ini mulai coklit yang dilaksanakan oleh PPDP disejumlah kelurahan dan desa di empat Kabupaten. Dan ini sudah kita sampaikan kepada KPU Kabupaten/Kota agar semua petugas kita untuk melakukan rapid test dan menerapkan protokol kesehatan," ungkap Davitri. 

Dilanjutkan oleh Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa mengatakan siap bersinergi dengan seluruh stakeholder penyelenggara Pilkada terkait SOP protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. 

"Kemudian salah satu yang kami usulkan bagaimana kalau pelanggaran terhadap protokol Covid dalam pilkada menjadi tindak kesalahan yang ada sanksinya dari Bawaslu terhadap kontestan ataupun pendukung yang melanggar protokol kesehatan covid, sehingga ini menjadi suatu hal yang harus dihormati dan menjadi komitmen bersama," tegas Mikron.

Dalam webinar ini  akademisi FISIP, sekaligus Rektor UBB, Doktor Ibrahim menyampaikan Pemilukada yang merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat, namun pesta demokrasi 2020 kali ini bukan seperti biasa pada umumnya. Pemilukada 2020 merupakan tahun terberat dalam pelaksanaan pesta demokrasi. 

"Partisipasi masyarakat dalam ikut serta menyukseskan Pemilukada di empat kabupaten merupakan peran penting dikarenakan suksesnya pesta demokrasi dinilai dari antusias masyarakat dalam menggunakan hak pilih," tukas Ibrahim.(fiz/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL