UMKM di Flipina Sudah Terhubung Dengan Sistem Blockchain

Tim_Wow    •    Kamis, 16 Juli 2020 | 14:51 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

wowbabel.com - Filipina membuat gebrakan baru di bidang perbankan, melalui Proyek i2i (Project i2i) yang dirilis April 2019, melalui Union Bank of the Philippines. 

Proyek i2i merupakan platform berbasis-blockchain yang berfungsi menghubungkan bank-bank pedesaan (bank perkreditan rakyat/BPR) ke jaringan keuangan negara.

Melalui jaringan i2i ini, BPR dapat dengan mudah terhubung ke automated clearing houses (ACHs) lokal, bank komersial dan BPR lainnya, dalam melakukan transaksi real-time yang didukung oleh teknologi blockchain dan stablecoin PHX milik UnionBank yang ditambahkan ke platform pada bulan Juli tahun itu.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (16/7/2020) hanya sekitar enam bulan sejak jaringan itu dibentuk, sudah ada 35 BPR dengan 150 cabang dan 250.000 rekening di seluruh negeri yang terhubung, dengan cakupan yang menjangkau semua kota besar di negara tersebut.

Layanan ini memungkinkan pekerja Filipina di luar negeri untuk mengurangi biaya transfer ke dalam negeri dan meningkatkan akses ke pengiriman uang tingkat bank (bank-grade remittances).

"Dunia bergerak maju dan kami sudah melihat solusi yang membuat seluruh ekosistem lebih efisien," ungkap Presiden dan CEO UnionBank, Edwin Bautista.

UnionBank adalah salah satu lembaga perbankan terbesar di Filipina, pengembangan i2i dilakukan bersama ConsenSys Solutions dengan proyeknya Kaleido dan ConsenSys Diligence, beserta Amazon AWS, Microsoft Azure, dan tujuh bank pedesaan Filipina untuk membuat pembayaran antar bank pedesaan. Adapun platform itu menggunakan Enterprise Ethereum.

ConSensys adalah salah satu perusahaan Blockchain terbesar di dunia. Berbasis resmi di Swiss, perusahaan ini dibentuk pada tahun 2014 dan kini telah beroperasi di lebih dari 30 negara di seluruh dunia. Selain membentuk solusi i2i untuk membantu inklusi finansial di Filipina, Consensys juga telah memunculkan solusi nyata untuk bidang real estate, supply chain, decentralized finance, dan masih banyak lagi.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE