Boleh Buka, Kawasan Wisata Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Hafiz Wow    •    Senin, 20 Juli 2020 | 16:29 WIB
Travel
Kabid Destinasi Pariwisata, Disbudpar Provinsi Babel, Firmansyah. (Hafiz/wowbabel)
Kabid Destinasi Pariwisata, Disbudpar Provinsi Babel, Firmansyah. (Hafiz/wowbabel)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Bangka Belitung (Bebel) memberi izin destinasi wisata dibuka kembali jika sesuai protokol kesehatan.

Kabid Destinasi Pariwisata, Disbudpar Provinsi Babel, Firmansyah menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi terkait pengawasan daya tarik wisata (DTW) dengan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota setempat. Pihaknya juga sudah melakukan survei ke beberapa daerah tujuan wisata yang direncanakan akan dibuka, namun dari sebagian DTW yang dibuka ada beberapa syarat yang belum dipenuhi pihak Kabupaten/Kota.

"Kita di Provinsi sebagai koordinator, jadi kewenangan pengelolaan DTW  ada di Kabupaten masing-masing, contoh kemarin kita ke Mentok, ada pantai Batu Rakit, Museum Timah, Pesanggrahan Menumbing, untuk saat ini yang baru buka hanya Museum Timah karena dari sisi protokol kesehatan. Dari sisi SOP sudah memenuhi standar meskipun ada hal kecil yang tidak diperhatikan, namun sudah kita sosialisasikan dan ditindaklanjut oleh mereka," ungkap Firmansyah saat diwawancarai, Senin (20/07/2020)

Firmansyah mengatakan di Kabupaten Bangka Tengah, DTW Kolong Biru sudah mulai buka namun akan dilakukan penilaian terkait kesiapan protokol kesehatan bersama gugus tugas Covid-19.

"Semua Kabupaten hampir rata-rata sudah buka, cuma kita keterbatasan SDM untuk mengelilingi setiap daerah, untuk melihat kesiapan mereka. DTW itu banyak, baik yang dikelola pemerintah, kelola oleh swasta, oleh masyarakat, maupun komunitas tetapi memang belum terdaftar sebagai DTW. Kalau untuk persentase setiap kabupaten berbeda-beda tetapi masih ada DTW yang belum memenuhi standar," tutur Firmansyah.



MEDSOS WOWBABEL