Edukasi Covid-16, Mahasiswa KKN UBB Pasang dan Bagikan Poster di Desa Sungkap

Mahasiswa KKN UBB sedang memasing poster sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Sungkap Kecamatan Simpangkatis.(ist)
Mahasiswa KKN UBB sedang memasing poster sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Sungkap Kecamatan Simpangkatis.(ist)

SIMPANGKATIS,www.wowbabel.com – Sejumlah mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Sungkap Kecamatan Simpangkatis, melakukan berbagai program kerja yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19.

 “Saya dengan kawan-kawan mahasiswa yang lain berusaha memberikan program kerja yang terbaik untuk desa. Dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk kita bertemu dan mengadakan perkumpulan lebih dari 10 orang, maka kami berdiskusi tentang pelaksanaan proker ini melalui aplikasi whatsapp ataupun google meet. Meski hanya secara virtual, hal tersebut tidak mengurangi kualitas perancangan proker dan kinerja kami,” ungkap Ketua KKN Desa Sungkap, Deo hasbi dalam rilisnya, Minggu (19/7/2020).

Menurut Deo, salah satu program kerja yang dilakukan adalah mengedukasi masyarakat terkait pencegahan Covid-19 melalui poster dan spanduk yang dipasang dan dibagikan ke masyarakat. Poster ini merupakan salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. 

“Meskipun KKN dilakukan secara daring, KKN UBB tetap memberikan berbagai program bermanfaat bagi masyarakat. Kondisi pandemi saat ini pun tidak mematahkan semangat gotong royong anggota kelompok dalam membuat desain dan konten serta mendistribusikan poster dan spanduk pencegahan Covid-19 ke masyarakat dan tempat umum,” tutur Deo. 

Dikatakan Deo, dengan adanya poster dan spanduk pencegahan Covid-19 ini, diharapkan seluruh masyarakat memperoleh edukasi yang sama terkait langkah pencegahan Covid-19 dan selalu menaati protokol kesehatan yang diberikan.

Kegiatan tersebut  mendapat respon positif dari aparat pemerintahan dan masyarakat desa setempat. 

“Alhamdulillah, walaupun kondisi seperti ini, masyarakat Desa Sungkap tetap bisa mendapatkan kegiatan bermanfaat dari KKN UBB,” ungkap Kades Sungkap, Espendi.

Selain poster pencegahan Covid-19, terdapat beberapa program kerja unggulan lainnya dari kelompok KKN Edisi Covid-19 Universitas Bangka Belitung yang akan mengabdikan ilmunya kepada masyarakat desa Bringin selama masa pandemi ini.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Bangka Belitung (UBB) juga ikut serta dalam kegiatan gotong royong bersama warga dan perangkat Desa Sungkap.

Sebelum melakukan kegiatan gotong royong mahasiswa KKN membagikan peralatan kebersihan yang termasuk dalam program KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Sebelumnya pada Kamis (16/7/2020), mahasiswa KKN UBB mulai melakukan pembagian desinfektan kepada warga desa setempat, berisi sekitar 100 botol yang didistribusi untuk masyarakat untuk melakukan penyemprotan sebagai upaya untuk sterilisasi. Sasaran penyemprotan merupakan fasilitas-fasilitas umum yang sering dikunjungi di antara rumah-rumah warga lainnya, musala, masjid, kantor desa dan sisanya akan disemprotkan di jalan-jalan.

Sedangkan pada Jumat (17/7/2020), mahasiswa bersama warga Desa Sungkap mengikuti kegiatan senam GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Senam Germas ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sungkap setiap Jumat.(rel/*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL