Kajari Bangka: Kedepankan Pencegahan Bukan Pemidanaan

Farid Gunawan, SH MH., Kajari Bangka. (Dwi/wowbabel)
Farid Gunawan, SH MH., Kajari Bangka. (Dwi/wowbabel)

SUNGAILIAT, wowbabel.com -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) wajib bergerak membantu pemerintah daerah. Hal ini sesuai dengan amanat dari Kejaksaan Agung dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 tahun 2020.

"Program Jaksa Agung mengkedepankan pencegahan, bukan pemidanaan. Sebab, berdasar penelitian kalau mempidana, negara rugi juga. Barang yang disita tidak sebanding dengan kerugian negara," kata Farid Gunawan, SH MH., Kajari Bangka, saat syukuran Hari Bhakti, Adhyaksa ke-60 di Gedung Kejari Bangka di Sungailiat, Rabu (22/7/2020).

Lanjutnya, sebagai salah satu contoh di masa pandemi Covid-19, pihaknya sudah melakukan pengawalan baik Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari desa, dana sosial, hingga dana pemerintah daerah.

"Bantu, bantu, bantu kata pak presiden. Kami kawal BLT, dana sosial, pemda kami awal, termasuk pengadaan barang dan jasa harus dikawal," ujarnya.

Sementara, Bupati Bangka, Mulkan SH MH, mengakui ada kerjasama semua pihak tak terkecuali Kejari Bangka erutama dalam penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE