Kurban Sebentar Lagi, Pemkab Babar Belum Punya Juleha Tersertifikasi Hingga Tingkat Masjid

Caption: Ilustrasi Hewan Kurban. (rul/wb)
Caption: Ilustrasi Hewan Kurban. (rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat  Agung Ari Wibowo, menyampaikan bahwa Bangka Barat beru memiliki sedikit Juru Sembelih Halal (Juleha) jelang Idul Adha.

Ia mengatakan, saat ini Juleha hanya yang memiliki sertifikat di Bangka Barat baru ada di Tempat Potong Hewan (TPH) belum sampai ke tingkat pengurus masjid. 

"Juru potong yang sudah memiliki sertifikat ini kita kelihatannya belum ada di pengurus masjid baru ada di TPH," kata Agung Rabu, (22/07/2020).

Menurutnya, pihaknya telah berencana untuk melakukan sertifikasi Juleha hingga ke tingkat masjid, namun lantaran terkendala Covid-19, hal ini belum terealisasi. 

"Rumah potong di pemda sendiri baru satu belum optimal yang ada tempat pemotongan hewan yang jagal tadi. Itu juga tidak banyak kurang lebih ada lima dan yang punya sertifikat tadi yang TPH inilah," tambahnya. 

Kendati tidak memiliki sertifikat Juleha, pengurus masjid di masing-masing masjid tetap diperkenankan untuk memotong hewan kurban asalkan memenuhi syariat. 

"Tidak masalah walaupun belum ada sertifikat, karena itukan terkait dengan syariat artinya kalau orang yang sudah ditunjuk untuk motong hewan kurban artinya orang yang memang sudah paham tentang syariat," tukasnya. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE