Mau Beli Hewan Kurban, Yuk Kenali Ciri-ciri Hewan yang Sehat

Firman    •    Kamis, 23 Juli 2020 | 11:02 WIB
Lokal
Caption: Hewan Kurban
Caption: Hewan Kurban

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Bagi anda yang ingin membeli hewan kurban jelang Iduladha ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Selain, harus memenuhi syariat kondisi kesehatan juga harus menjadi hal penting untuk diketahui. 

Kepala Seksi Hewan, Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, drh Akhir Santoso mengimbau masyarakat agar lebih teliti dalam memilih sapi dan kambing kurban yang sehat serta bebas dari penyakit.

Ia menjelaskan, langkah-langkah yang perlu dilakukan masyarakat sebelum membeli ataupun memilih hewan kurban harus melihat gerakannya yang cukup lincah dan bulunya mengkilat.

"Bulunya tidak rontok, tidak kusam, dan juga dari segi perpormennya pun harus bagus," ujarnya,  Rabu (22/7/2020).

Selain itu Santoso menambahkan, sapi atau kambing yang sehat itu, tidak kurus, pincang dan tidak ada kecacatan ataupun luka-luka di kulitnya, baik itu di badan, kepala kaki, karena itu salah satu ciri awal sapi maupun kambing sehat.

"Misalnya, kondisi ternak yang sehat itu, bisa dilihat dengan ciri nafasnya teratur, kemudian berdiri tegak dan tidak ada luka, bola matanya bening, serta tidak bengkak, dan area mulut juga bibirnya bersih," jelasnya.

Tidak hanya itu, Santoso juga menyampaikan, kalau sapi, kerbau, kambing dan domba, sehat itu bisa dilihat dari fisik lainnya.

"Seperti lidahnya bergerak bebas, atau air liur cukup membasahi rongga mulut dan anusnya bersih kemudian kotorannya juga padat," terangnya.

Ditambahkannya, untuk sapi dan kerbau bisa di kurbankan, minimal umur sudah dua tahun, dengan dibuktikan tanggal di seri, dan sudah tumbuh lagi gigi barunya.

"Sedangkan kambing atau domba minimal umurnya satu tahun, juga harus dibuktikan dengan gigi serinya, apakah sudah berganti," imbuhnya.

Santoso juga menyampaikan kepada masyarakat yang membeli hewan kurban agar lebih teliti lagi, dan bisa juga menanyakan sertifikat dan surat sehat.

"Sertifikat dan surat sehat itu, misalnya keterangan kesehatan hewan yang dikeluarkan Dinas kesehatan, serta Dinas yang membidangi fungsi kesehatan perternakan setempat," pesan Santoso.

Selain dari ciri-ciri tersebut, Santoso juga menyarankan masyarakat setiap membeli hewan-hewan kurban agar bisa langsung datang ke kandangnya.

"Kalau masyarakat yang ingin membeli sapi atau kambing, lebih baik datang langsung ke kandangnya, agar bisa melihat kondisi kandangnya seperti apa, apakah kandangnya baik, bersih, serta tidak jorok," tutupnya. (fn/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL