Bawaslu Temukan Coklit Data Pemilih Basel Amburadul, Begini Respon KPU

Aston    •    Jumat, 24 Juli 2020 | 10:12 WIB
Pilkada
Amri, Ketua KPU Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)
Amri, Ketua KPU Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, wowbabel.com - Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapat sorotan serius dari Bawaslu setempat, karena banyak ditemukan kesalahan, bahkan disebut kesalahannya cukup fatal.

Satu pekan berjalan proses Coklit, Bawaslu menemukan banyak kesalahan prosedur dalam pelaksanannya, yakni di tiga kelurahan dan satu Desa di Kecamatan Toboali. Persoalannya adalah ihwal penyusunan data dalam model A-KWK. Kesalahan prosedur penyusunan A-KWK  akan berdampak pada salah input data hasil Coklit.

Perihal data pemilih A-KWK itu, KPU mengklaim telah melakukan perbaikan-perbaikan.

"Kemaren di desa rias telah dilakukan perbaikan dan buat sandingan sesuai hasil percermatan PPS Rias. Dan kami bersama bawaslu kabupaten telah melakukan monitoring ke lapangan ada bererapa TPS malah sudah selesai coklit," kata Ketua KPU Basel, Amri, Jumat (24/7/2020).

Disamping itu, menurut Amri, KPU telah meminta petugas PPDP melakukan koordinasi ulang kepada RT/RW.

"Kami juga meminta kepada PPDP melakukan koordinasi kembali kepada RT/RW setempat tentang hasil mungkin ada yang masih belum terdata atau ada perubahan data, maka PPDP melakukan kunjungan kerumah bersangkutan," tuturnya.

Amri juga tak menampik adanya  kesalahan dalam penyusunan A-KWK berdasarkan temuan Bawaslu, seperti di kelurahan Ketapang.



MEDSOS WOWBABEL