KORI Serahkan 5.000 Dukungan Syarat Verfak Perbaikan

Aston    •    Senin, 27 Juli 2020 | 09:40 WIB
Pilkada
Pasangan bakal calon jalur perorangan Pilkada Bangka Selatan (Basel) Kodi-Rusliadi atau KORI menyerahkan berkas/ dokumen dukungan ke KPU Basel.(as/wb)
Pasangan bakal calon jalur perorangan Pilkada Bangka Selatan (Basel) Kodi-Rusliadi atau KORI menyerahkan berkas/ dokumen dukungan ke KPU Basel.(as/wb)

TOBOALI, wowbabel.com  - Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di empat kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kemungkinan besar akan diikuti calon independen alias non partai politik, yakni di Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Jalur perorangan di Basel tinggal selangkah lagi dinyatakan lolos menjadi peserta jalur perorangan, yakni Kodi-Rusliadi atau KORI. Calon perorangan tersebut sudah mengantongi 11.378 dukungan memenuhi syarat hasil verifikasi faktual.

Namun, figur dengan latar belakang aktivis nelayan berpasangan dengan mantan angota legislatif tersebut masih butuh 1.388 dukungan lagi sesuai syarat minimal 12.766 dukungan jalur perorangan di Pilkada Basel 2020.

Guna memenuhi kekurangan tersebut, Minggu (26/7/2020) telah menyerahkan dukungan tahapan perbaikan sebanyak 5.068 dukungan kepada KPU.

Ketua KPU Basel, Amri menuturkan, jumlah dukungan tahapan perbaikan  yang diserahkan KORI sudah melampui jumlah yang diwajibkan dua kali lipat dari jumlah kekurangan yang harus diserahkan untuk dilakukan verfikasi faktual tahap perbaikan.

"Minimal dukungan yang harus diserahkan sebanyak 2.766 dukungan atau dua kali lipat dari kekurangan 1.388. Dan jumlah yang diserahkan KORI sesuai di silon sebanyak 5.068 dukungan, " ujar Amri.

Namun, jumlah tersebut kembali akan disortir oleh KPU melalui tahapan pengecekan jumlah dukungan dan sebaran serta  tahapan verifikasi administrasi sebelum dilakukan verifikasi faktual.

"Untuk jumlah di verfak nanti menunggu hasil pemeriksaan jumlah dukungan dan sebaran serta verifikasi administrasi," terangnya.

Tahapan Pengecekan jumlah dukungan dan sebaran hasil perbaikan dijadwalkan mulai 25 - 28 Juli 2020, dilanjutkan tahapan verifikasi administrasi 27 Juli -  4 Agustus 2020, kemudian tahapan verifkasi faktual Perbaikan dilaksanakan mulai 8-16 Agustus.

Saat Vermin (verifikasi administrasi) minimal harus memenuhi persyaratan paling tidak sebanyak 1.388. Demikian pula saat verfak, harus bisa memenuhi syarat kekurangan 1.388 dari syarat dukungan minimal 12.766," tukasnya. (Astoni/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE