Coklit Data Pemilih di Bateng Baru 59 Persen

Caption: Caption : Kegiatan coklit oleh KPU bateng bersama Bawaslu Bateng ke rumah-rumah warga di wilayah Bateng. (Ist/Bawaslu Bateng)
Caption: Caption : Kegiatan coklit oleh KPU bateng bersama Bawaslu Bateng ke rumah-rumah warga di wilayah Bateng. (Ist/Bawaslu Bateng)

KOBA, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) masih terus melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih sejak tanggal 15 Juli lalu dan akan terus berlangsung sampai dengan 13 Agustus 2020 mendatang.

Komisioner KPU Bateng Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Panji menjelaskan hingga kemarin proses coklit oleh tim Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sudah mencapai 59 persen dari jumlah pemilih sebanyak 141.609.

"Laporan yang masuk sementara untuk pemilih yang cocok dan komplit sudah di data sebanyak 68.539 pemilih, pemilih ubah data sebanyak 4.103, pemilih baru sebanyak 5.344, dan pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) contohnya seperti meninggal dunia atau pindah domisili sebanyak 9.219," tuturnya Selasa, (27/7/2020).

Ditambahkannya sampai sejauh ini proses coklit berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti dan pihaknya selalu mengimbau kepada tim PPDP apabila menemukan kendala di lapangan agar bisa langsung mengkoordinasikan hal tersebut kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa/Kelurahan, atau bisa juga berkoordinasi dengan RT dan RW setempat.

Lebih lanjut, saat melakukan coklit, petugas harus menggunakan bahasa yang santun dan penempelan stiker juga harus disertai izin terlebih dahulu dengan tuan rumah, karena hal ini menjadi salah satu aspek agar data menjadi berkualitas.

"Harapan kita dengan petugas yang ramah, sopan, dan humanis partisipasi pemilih kita bisa meningkat," tandasnya. (her/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE