HKTI Babar Dukung Program Sertifikat Tanah Untuk Petani

Caption: Ketua HKTI Kabupaten Babar, Johan Vigario. (rul/wb)
Caption: Ketua HKTI Kabupaten Babar, Johan Vigario. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)  Bangka Barat (Babar) menyambut baik rencana sertifikasi tanah oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Ketua HKTI Kabupaten Babar, Johan Vigario menyambut hal itu jikalau memang bisa membantu para petani di Kabupaten Bangka Barat agar lebih mudah bercocok tanam dengan aman ditanahnya.

"Kalau memang yang memang untuk mensejahterakan masyarakat dalam hal ini petani maka kami pun mendukung setiap program yang dilakukan oleh pemerintah" kata Johan, usai menghadiri Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Kegiatan Sertifikat Redistribusi Tanah Tahun 2020 di OR I Pemkab Bangka Barat, Selasa, (28/07/2020).

Johan menilai dengan adanya program ini maka nantinya tanah yang digunakan oleh petani sudah memiliki payung hukum yang kuat dan aman.

"Ini bagus, dari segi legalitas dengan adanya program ini lebih aman berbentuk SHM," ujarnya.

Sertifikat tanah yang dimiliki oleh petani bisa dimanfaatkan pula untuk berinvestasi seperti ke pihak Bank dan sebagainya.

"Bisa untuk melakukan pinjaman ke bank, terus untuk kedepan harapan dari HKTI program ini bisa terus dilanjutkan," ujarnua.

Johan berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan perekonomian petani di Kabupaten Bangka Barat dan juga dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Para Petani itu sendiri.

Sekretaris HKTI Kabupaten Bangka Barat, Agi Shaftri berharap, kouta dari program ini bisa bertambah, sehingga semakin banyak petani yang terbantu. 

"Sebenarnya belum cukup 2.500 bidang itu makanya perlu ditambah lagi kedepannya nanti tapi kalau membahas lebih detil belum tentu semua petani mau juga," ucapnya. (rul/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE