Inovasi Guru di Tengah Pandemi Covid-19

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 28 Juli 2020 | 13:50 WIB
Opini
Heriyanto Helmi SHI (Guru SMP Negeri 4 Gantung Belitung Timur).(ist)
Heriyanto Helmi SHI (Guru SMP Negeri 4 Gantung Belitung Timur).(ist)

Oleh : Heriyanto Helmi SHI (Guru SMP Negeri 4 Gantung Belitung Timur)


Peristiwa inspiratif dapat kita petik dari tragedi jatuhnya bom di Nagasaki dan Hiroshima, Jepang. Ketika bom atom menghancurkan dua kota tersebut, hal yang pertama kali ditanyakan oleh kepala negara Jepang yakni apakah masih ada guru dan buku yang tersisa? Hal itu mencerminkan betapa pentingnya keberadaan guru bagi keberlangsungan sebuah bangsa. Sebab, guru merupakan pengemban ilmu yang berisi ribuan mahkota pengetahuan. 

Kemajuan suatu bangsa tidak hanya dengan bermodalkan kekayaan alam yang melimpah namun juga ditopang oleh sumber daya manusia yang mumpuni. Salah satu pilar penting kemajuan sebuah bangsa adalah kehadiran guru. Hal ini secara historis telah dicontohkan oleh Jepang sehingga bisa menjadi Negara maju dan adidaya.

Lalu bagaimana dengan peran guru di Indonesia? Di Negara yang gemah ripah loh jinawi ini guru juga memiliki posisi sentral. Proses pendidikan tidak bisa dilepaskan dari peran guru. Guru menjadi garda terdepan dalam proses pendidikan. Tanpa guru, rasanya akan sulit Bangsa Indonesia membuat konversi tingkat melek huruf dari 5% menjadi 92%. 

Tanpa guru, akan sulit membayangkan lahirnya generasi berkualitas di Indonesia.Guru dan ArusTeknologi. Tanpa bisa terhenti, modernitas terus melangkah. Zaman telah berubah.

Kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan. Di abad ke-21 ini, kita selalu dimanjakan dengan berbagai macam keinstanan. Mencari suatu informasi bukan hal yang sukar di zaman ini. Melalui gawai dalam genggaman, beragam pengetahuan dari seluruh dunia akan berdatangan kehadapan kita. Kemajuan teknologi dan pendidikan begitu erat berkaitan. 

Pendidikan dengan segala hal yang bertemali dengannya, termasuk teknologi, terus mengalami perkembangan seiring laju zaman. Perkembangan dan perubahan yang terjadi mencakup beberapa aspek. Mulai dari yang bersifat kebijakan hingga pada perkembangan tataran pelaksanaan pembelajaran.

Perubahan yang menyentuh beragama spek itu tentu berdampak pada semua pihak. Guru menjadi salah satu pihak yang terdampak. Guru merupakan garda terdepan dalam tataran pelaksana pendidikan. Perannya amat vital. Kualitas dari sumber daya manusia dari hasil proses pendidikan, sangat bergantung pada peran seorang guru. Oleh karena itu, guru menjadi bagian sentral dan penting dalam kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan. 

Setiap zaman selalu punya anak zamannya sendiri. Begitu pula dengan zaman di abad ke-21 ini. Guru yang mengajar siswa di era ini tentu harus terus berbenah. Kemajuan teknologi merupakan suatuhal yang harus diikuti oleh seorang guru. Guru harus bisa mengubah paradigma kemajuan teknologi dari sebuah hambatan dan kesusahan menjadi peluang dan kemudahan. Kreasi dan inovasi seorang guru akan lebih terbantu dengan hadirnya perangkat teknologi yang beraneka rupa.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE