Koperasi Era Pandemi Jadi Momentum Untuk Menghadirkan Visi Baru

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah bersama Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Babel, Elfiana kengikuti webinar Hari Koperasi Nasional ke-73. (Saktio)
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah bersama Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Babel, Elfiana kengikuti webinar Hari Koperasi Nasional ke-73. (Saktio)

PANGKALPINANG, advertorial - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah bersama Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Babel, Elfiana kengikuti webinar Hari Koperasi Nasional ke-73 mengenai pemberdayaan koperasi di era new normal melalui aplikasi zoom yang berlangsung di Ruang Rapat Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Selasa (28/7/2020).

Wagub Abdul Fatah dalam memimpin kegiatan ini membacakan sambutan Menteri Koperasi Teten Masduki terkait dalam peringatan Hari Koperasi Nasional ke-73 tahun 2020.

Menurut Menteri Teten Masduki, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian di tengah pandemi Covid-19, yang mana pertumbuhan ekonomi nasional sedang mengalami tantangan yang cukup serius, angka kemiskinan dan pengangguran meningkat, dunia usaha terutama koperasi dan UMKM mengalami dampak yang sangat berat di sisi produksi, pemasaran, dan pembiayaan.

Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian nasional tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial–ekonomi yang sangat dinamis.

“Ada sejumlah inisiatif yang sedang kita lakukan untuk penguatan dan modernisasi koperasi. Pertama, melakukan perbaikan ekosistem kemudahan usaha yang memungkinkan koperasi bisa mengakses pasar yang lebih luas, selanjutnya koperasi harus masuk ke sektor–sektor ekonomi unggulan nasional yaitu pangan, komoditi maritim, pariwisata, dan industri pengolahan,” ungkapnya.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL