Sebanyak 1.155 Hewan Kurban di Bateng Cek Kesehatan, Beberapa Ditemukan Sakit Mata

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Sajidin. (Herdian/wowbabel)
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Sajidin. (Herdian/wowbabel)

KOBA, wowbabel.com - Menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) terus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban yang dijual di pasaran.

Kepala Dinas Pertanian Bateng, Sajidin mengatakan, sampai dengan saat ini sudah ada 1.155 ekor hewan kurban terdiri dari 539 ekor sapi dan 616 kambing yang siap jual sudah diperiksa kesehatannya, dan hasilnya ada beberapa hewan kurban yang ditemukan sakit meskipun tidak ada yang parah.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan dan memang ditemukan ada beberapa hewan kurban yang sakit mata, dan umurnya belum sampai," ungkap Sajidin, Selasa (28/7/2020)

Ia menambahkan, untuk penanganan hewan kurban yang sakit mata tersebut, hewan tersebut masih tetap berada di lapak namun dijauhkan dari rombongan hewan kurban yang lain, dikarenakan penyakit ini tidak terlalu berbahaya dan bisa diobati.

"Rencananya H-1 Idul Adha kami akan kembali melakukan pengecekan kesehatan kepada hewan-hewan kurban, dan kami mengimbau agar para pedagang hewan kurban dapat langsung melaporkan ke Dinas Pertanian apabila ada hewan kurban yang sakit, atau boleh berkoordinasi dengan dokter hewan yang ada di kecamatan masing-masing," jelasnya.

Dilanjutkannya, bagi hewan kurban yang dinyatakan sehat, pihaknya akan memberikan kalung sebagai tanda hewan tersebut sudah melewati proses pemeriksaan dan dinyatakan sehat, oleh karena itu ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban agar membeli hewan kurban yang sudah memiliki tanda atau lulus pemeriksaan kesehatan. (her/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE