Gagal Jadi Pegawai BUMN, Anak Muda Ini Sukses Buka Kedai Kopi

Studio Nongki di Kampung Air Terjun, Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok.(rul/wb)
Studio Nongki di Kampung Air Terjun, Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com – Apa yang dilakukan Jokiono (32) mungkin bisa ditiru dan dicontoh oleh generasi muda hingga generasi milenial saat ini yang bersemangat berwirausaha dan hidup mandiri, tanpa bergantung kepada orang lain.

Putra asal Muntok, Bangka Barat  yang akrab disapa Zoky ini sudah empat tahun belakangan ini membuka usaha kedai yang dinamakan Studio Nongki di Kampung Air Terjun, Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Zoky termasuk sebagai salah satu pengusaha muda daerah yang hingga saat ini masih bertahan diberbagai situasi sulit yang sebagian besar kerap kali banyak anak muda di Muntok buka usaha selalu gulung tikar. Ia juga termasuk salah satu yang bisa bertahan dengan situasi sulit, bahkan bisa melewati krisis ekonomi di tengah badai pandemi Covid-19 sejak beberapa waktu lalu.

"Awalnya pengen jadi karyawan timah atau bekerja di perusahaan-perusahaan gitu, tapi karena nyari kerja susah tidak ada beking jadi akhirnya buka usaha,  awalnya mau franchise," tutur Zoky, Rabu (29/07/2020).

Zoky menuturkan modal awalnya membuka usaha kedai hanya sebesar Rp 2 juta lebih saja untuk membeli bahan baku dan menjual brand minuman coklat Wisco.

"Hanya buka es coklat pertama kali karena memang melihat coklat itu belum ada di sini supaya bisa masarin lah tapi awal itu belum tahu franchise itu apa," ungkap Zoky.

Dikatakan Zoky, kedainya saat ini terisi juga berbagai jenis biji kopi yang diseduh dan diawalnya belum ada tujuan untuk menambah jenis minuman kopi, tapi karena tertarik dengan seduhan kopi yang pernah dibuat temannya di kedai tersebut.

"Karena ngelihat kawan itu ngenalin kopi dengan brewing itu baru saya tertarik nambah kopi,” ungkap Zoky.

Zoky menyebutkan kedainya dulu hanya sebatas boot kecil ukuran 4x3 dengan niat hanya jual bawa pulang (take away) dan bersyukur sekarang sudah bisa menambah bangunannya sehingga sudah bisa menyediakan tempat untuk minum ditempat tidak lagi sistem beli bungkus.



MEDSOS WOWBABEL