Salat Idul Adha 1441 H Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Kepala Kemenag Bateng  Muhammad Sidik. (her/wb)
Kepala Kemenag Bateng Muhammad Sidik. (her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Menjelang perayaan Idul Adha 1441 H Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Muhammad Sidik mengungkapkan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia nomor 18 tahun 2020, disebutkan bahwa tempat penyelenggaraan kegiatan Salat Idul Adha 1441 H dan penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah.

Dengan memperhatikan protokol kesehatan dan telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat kecuali pada tempat yang dianggap masih belum aman Covid-19 oleh pemerintah atau gugus tugas daerah.

Dijelaskannya penyelenggaraan Salat Idul Adha 1441 Hijriah di tengah pandemi Covid-19 kali ini sedikit berbeda, dikarenakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan. 

"Selain itu penyelenggara harus melakukan pembersihan dan disinfeksi di area tempat pelaksanaan, dan membatasi jumlah pintu atau jalur keluar masuk tempat pelaksanaan guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan," terang Sidik, Rabu (29/7/2020) di ruang kerjanya.

Ia juga mengimbau agar penyelenggara menyediakan fasilitas cuci tangan dan sabun di pintu jalur masuk dan keluar, selain itu juga pelaksanaan salat dan khutbah Idul Adha agar dipersingkat tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya.

"Panitia penyelenggara harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tetap jaga jarak serta menggunakan masker," tukasnya (her/wb)






MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE