Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Ajip Rosidi. (*)
Ajip Rosidi. (*)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - "Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah meninggal dunia Ajip Rosidi di RS Tidar malam ini. Semoga almarhum husnul khatimah. Indonesia kehilangan lagi salah seorang sastrawan besarnya," demikian pesan yang beredar mengabarkan kabar duka, berpulangnya sastrawan tanah air Ajip Rosidi.

Almarhum meninggal dunia pada Rabu (29/7/2020) sekitar pukul 22.20 WIB di Rumah Sakit Tidar Magelang, Jawa Tengah.

"Seorang otodidak yang mendapat pengakuan internasional. Seorang tanpa gelar formal pendidikan namun diminta Jepang untuk mengajar di negeri mereka hampir 30 tahun lamanya. Lahul fatihah," lanjut pesan tersebut.

Sebelum meninggal dunia, Ajip dikabarkan sempat terjatuh di rumah anaknya yang berlokasi di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang yang kemudian langsung dilarikan ke rumah sakit.

Ajib tutup usia pada umur 82 tahun. Ajip sendiri merupakan suami dari artis Nani Wijaya yang menikah pada tanggal 16 April 2017 di Masjid Agung Keraton Kasepuhan Cirebon dengan mas kawin logam mulia 50 gram.

Ajib bersama istri pertamanya Fatimah Wirjadibrata memiliki 6 orang anak, diantaranya Nunun Nuki Aminten (1956), Titi Surti Nastiti (1957), Uga Perceka (1959), Nundang Rundagi (1961), Rangin Sembada (1963), Titis Nitiswari (1965).

Ajib menempuh pendidikan di Sekorah Rakyat Jatiwaringin (1950), melanjutkan ke SMPN 8 Jakarta (1953) dan selanjutnya Taman Madya Taman Siswa Jakarta (1956). Hebatnya, Ajib merupakan dosen di perguruan tinggi di Indonesia dan sejak 1967 sudah mengajar di Jepang. 

Kecintaan almarhum pada dunia sastra, mengantarkannya mendapat gelar Doktor Honoriscausa bidang Ilmu Budaya dari Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung pada 31 Januari 2011.

Sejumlah karya Ajib sudah diterbitkan di majalah-majalah terkemuka seperti Mimbar Indonesia, Gelanggang/Siasat, Indonesia, Zenith, Kisah, serta beberapa majalah lainnya. Sampai tahun 1983, Ajib sudah menghasilkan 326 judul karya yang dimuat di 22 majalah.

Buku pertama Ajib berjudul Tahun-tahun Kematian terbit ketika dirinya berusia 17 tahun (1955). Karya-karya almarhum sudah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa asing. (*)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE