Tiga Golongan Penerima Daging Kurban

Daging kurban tidak dibungkus menggunakan kantong plastik melainkan hanya menggunakan daun.(as/wb)
Daging kurban tidak dibungkus menggunakan kantong plastik melainkan hanya menggunakan daun.(as/wb)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Hari raya Idul Adha 1441 Hijriah sudah didepan mata. Seluruh umat muslim dunia akan merayakan hari raya ini diawali dengan shalat Ied kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Daging dari hewan kurban ini oleh sebagian besar masyarakat di tanah air akan dibagi-bagikan kepada mereka yang berhak menerimanya, terutama fakir miskin.

Selain fakir miskin, berikut ini tiga golongan yang berhak menerima daging kurban saat perayaan hari raya Idul Adha.


1. Orang yang Berkurban Beserta Keluarganya

Mereka berhak menerima sebagian dari daging hewan kurbannya untuk dimakan sebagaimana Nabi Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam pernah memakan daging hewan kurbannya sendiri.

Imam Al-Baihaqi dalam hadisnya mengatakan :

“Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wasallam ketika hari raya Idul Fitri tidak keluar terlebih dahulu sebelum memakan sesuatu. Ketika hari raya Idhul Adha beliau tidak makan sesuatu hingga kembali ke rumah. Saat kembali, beliau memakan hati dari hewan kurbannya.”


2. Kerabat, Teman dan Tetangga

Penerima daging kurban yang kedua adalah kerabat, teman, dan tetangga dari pekurban itu sendiri. Dalam kitab Alfiqhul Islami wa Adillatuhu dituliskan bahwa, ulama Hanafiyah dan Hanabilah memberikan anjuran agar sebagian dari daging kurban dibagikan kepada kerabat, teman, dan tetangga yang ada di sekitar meskipun mereka tergolong mampu/kaya.

“Dan memberikan hadiah sepertiga dari daging hewan kurban kepada kerabat dan teman-temannya meskipun mereka kaya.”


3. Fakir dan Miskin

Para ulama bersepakat bahwa fakir dan miskin memiliki hak atas daging hewan kurban. Bahkan ulama Hanabilah adalah wajib hukumnya memberikan sebagian dari daging hewan kurban kepada golongan fakir dan miskin.

Hal ini berdasarkan kepada perintah Allah dalam surat Al-Hajj ayat 28 :

“Makanlah sebagian dari daging kurban dan berikanlah kepada orang fakir.”

Perintah Allah selanjutnya juga terdapat dalam surat Al-Hajj ayat 36 :

“Makanlah sebagian dari daging kurban, dan berikanlah kepada orang fakir yang tidak minta-minta, dan orang fakir yang minta-minta.” (*)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE