Aktivitas Pelabuhan Tanjung Gudang Mulai Bergairah, Pedagang dan Buruh Berharap Berkelanjutan

Dwi H Putra    •    Selasa, 04 Agustus 2020 | 13:39 WIB
Lokal
Caption: Para Buruh dan Pedagang di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu. (dwi/wb)
Caption: Para Buruh dan Pedagang di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu. (dwi/wb)

BELINYU, www.wowbabel.com -- Pedagang dan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang ada di Pelabuhan Tanjung Gudang Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merasa bersyukur dengan adanya kegiatan pengiriman atau ekspor cangkang kelapa sawit oleh PT Budi Agri Sejahtera (BAS) ke Jepang.

Pemilik warung makanan di salah satu sudut Pelabuhan Tanjung Gudang, Tilut, mengatakan, dengan adanya aktivitas bongkar muat di pelabuhan tersebut.

"Sejak pandemi Covid-19 awal tahun lalu, warung kami ini sempat tutup, termasuk penginapan yang ada. Tidak hanya disebabkan Covid-19, dengan vakumnya aktivitas sejak bertahun-tahun lalu, kami merasa perekonomian disini lumpuh total sebab tidak ada pemasukan bagi kami," kata Tilut disela-sela kesibukannya melayani pelanggan di Belinyu, Selasa (4/8/2020).

Dengan adanya aktivitas ekspor cangkang kelapa sawit ini, diharapkan terus berkelanjutan dan tidak hanya cangkang kelapa sawit saja tapi ada komoditas lainnya yang diekspor dari Pelabuhan Tanjung Gudang ini.

"Harapan kami tidak hanya ini saja, tapi bisa terus menerus, ada ekspor lain juga dari sini, supaya pelabuhan ini aktivitasnya bisa seperti zaman dulu sebagai salah satu pelabuhan besar di Bangka ini," harap Tilut.

Salah seorang TKBM mengaku sangat bersyukur adanya aktivitas di Pelabuhan Tanjung Gudang, apalagi sudah bertahun-tahun TKBM di wilayah ini tidak bekerja disebabkan vakumnya aktivitas bongkar muat.

"Sudah bertahun-tahun kami tidak bekerja, maka kami harus mencari pekerjaan lain sebagai buruh, tapi dengan adanya bongkar muat ini sangat membantu kami," terang pria yang tidak mau disebutkan namanya.

"Semoga ini awal yang baik bagi aktivitas Pelabuhan Tanjung Gudang, tidak hanya sekali ini saja semasa kontrak ekspor cangkang kelapa sawit ini saja, tapi ada pengusaha lain yang ekspor melalui pelabuhan ini," paparnya.

Pantauan wowbabel.com, tidak hanya satu atau dua TKBM yang kembali bekerja, tapi puluhan orang mendapat dampak dari ekspor cangkang kelapa sawit ini. Tak hanya itu, tampak juga ada warga lain yang mulai menjajakan minuman dingin di kawasan tersebut. (dwi/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL