Bangunan Perpustakaan Modern di Babar Telan Anggaran Rp 10 Miliar

Caption: Proses pembangunan perpustakaan modern di Bangka Barat. (rul/wb)
Caption: Proses pembangunan perpustakaan modern di Bangka Barat. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com --
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat (Babar) sedang dalam proses membangun Perpustakaan Modern di Jalan Pal 2 Kecamatan Muntok Babar dengan anggaran sebesar Rp 10 miliar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat Ismantho menyebutkan, proyek pembangunan gedung dua lantai ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dengan nilai kontra sebesar Rp.9.935.605.000.

Ismantho mengatakan, anggaran Rp 10 miliar ini baru untuk pembangunan gedung
belum termasuk pagar, selasar, jalan, tempat parkir, sarana dan prasarana, dan buku-buku.

"Dana Rp 10 miliar itu hanya untuk membangun gedung doang. Kalau yang lainnya nanti diadakan dengan perubahan 2019 dengan APBD dan anggaran 2021 oleh APBD juga nilainya Rp 800 juta lebih untuk perlengkapan itu," katanya, Selasa (4/8/2020).

Ia menyebutkan, untuk membangun perpustakaan modern ini pihaknya harus bersaing dengan provinsi lainnya di seluruh Indonesia.

"Memang berjuang mati-matian untuk dapat perpustakaan itu, dari 34 Provinsi di Indonesia hanya lima provinsi yang sampai sekarang yang terwujud. Kita mendapatkan itu juga karena kesiapan kita seperti tingkat literasi, minat baca, dan motivasi kita lebih tinggi, kita sudah punya lahan satu hektar," ujarnya,

Ismantho mengatakan, setelah ditelusuri proses sinkronisasi di Pemerintah Pusat, satu-satunya yang sudah mempunya DED  hanya Kabupaten Bangka Barat.

"Yang lain saja belum punya apa-apa. itu banyak persyaratannya jadi pak Bupati juga kan ada pernyataan kesanggupan memeliharanya," tandas Ismantho.

Ia membeberkan, di Perpustakaan Modern tersebut akan ada ornamen khas daerah Bangka Barat di Gapura.

"Kita kan enggak main-main, pak Bupati kita hadirkan, Pimpinan DPRD sudah kita hadirkan," ungkapnya. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL