Pemkab Babar Kekurangan Anggaran Bangun Venue Porprov

Caption: Proses Pembangunan Venue Porprov di Kabupaten Bangka Barat. (rul/wb)
Caption: Proses Pembangunan Venue Porprov di Kabupaten Bangka Barat. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com --
Plt. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Bangka Barat, Helwanda menyampaikan bahwa pengerjaan venue persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Kabupaten Bangka Barat masih dalam proses pembangunan.

Helwanda menyebutkan, pihaknya keterbatasan anggaran untuk membangun venue pertandingan. Kendati mendapatkan Dana Bantuan (Daba) dari Pemprov Babel sebesar Rp 20 miliar, namun lantaran pandemi Covid-19 jumlahnya berkurang menjadi Rp 10 miliar.

Meski anggarannya dikurangi, proses pengerjaan pembangunan stadion yang terdapat lapangan sepak bola dan lintasan atletik tetap berjalan.

Padahal, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun dua venue ini sebesar Rp 20 miliar. Saat ini yang dibantu pemprov Babel baru Rp 10 miliar dan Rp 5 miliar dari APBD.

"Kemarin Rp 20 miliar bantuan DABA Pemprov cuma pas Covid kemarin dikurang sementara jadi Rp 10 miliar. Tapi saat ini on progress lah pekerjaan bagus tidak ada kendala, sekarang proses kita sudah mulai masuk ke lintasan atletiknya, lintasan atletik itu anggarannya lumayan mahal bisa sampai 12 miliar," kata Helwanda saat ditemui dikantornya, Rabu, (5/8/2020).

Ia memperkirkan, pada akhir Desember mendatang pembangunan stadion akan rampung namun hanya lapangan bola dan lintasan atletik.

"Itu baru satu venue tapi belum ada tribun, harapan kita kedepan pemprov tetap bantu. Sehingga tahun depan bisa dilanjutkan untuk membangun tribun. Kalau seandainya dari Pemprov tidak ada bantu kita kan susah juga karena dananya lumayan besar. Kita berharap dibantu lagi sebesar Rp 50 miliar untuk bangun venue," katanya.

Menurutnya, Daba yang diberikan provinsi saat ini hanya bisa digunakan untuk membangun lapangan bola dan lintasan atletik, bahkan itupun masih kurang.

"Anggarannya masih kurang untuk tribun tadi karena kita baru bangun lapangan bola sama lintasan atletikĀ  sama pagar keliling dikit, kita kan belum ada tribun, tribun itu sekurang-kurangnya kalau bisa Rp 40 sampai 50 miliar," ujarnya.

Helwanda menuturkan untuk persiapan Porprov 2022 Bangka Barat, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berencana hanya menyiapkan dua venue yakni GOR dan stadion tersebut.

"Kalau GOR bisa sampai enam cabang olahraga dipertandingkan di situ," katanya.

Ia berharap, pemprov Babel akan tetap membantu membangun sejumlah venue pertandingan dalam Porprov nanti, pasalnya pihaknya mengharapkan bantuan dana dari pemprov Babel. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL