Erzaldi Minta Perpanjangan Dermaga Pelabuhan Tanjung Gudang Segera Dilakukan

Dwi H Putra    •    Kamis, 06 Agustus 2020 | 21:17 WIB
Lokal
Caption: Gubernur Babel, Erzaldi Rosman ketika meresmikan ekspor perdana cangkang kelapa sawit ke Jepang, Kamis (6/8/2020). (dwi/wb)
Caption: Gubernur Babel, Erzaldi Rosman ketika meresmikan ekspor perdana cangkang kelapa sawit ke Jepang, Kamis (6/8/2020). (dwi/wb)

BELINYU, www.wowbabel.com -- Pemerintah provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berharap Indonesia Port Corporation (IPC) dapat segera merealisasikan perpanjangan dermaga yang ada di Pelabuhan Tanjung Gudang, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

"Ini ekspor perdana dari Babel langsung ke luar negeri, selanjutnya akan ada ekspor-ekspor komoditi lainnya dari Babel ini. Kami harap IPC dalam merealisasikan perpanjangan dermaga di Pelabuhan Tanjung Gudang ini tahun depan," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman ketika meresmikan ekspor perdana cangkang kelapa sawit ke Jepang, Kamis (6/8/2020).

Erzaldi membeberkan, beberapa waktu lalu perwakilan dari Kementerian Perhubungan dan beberapa instansi terkait sudah melakukan survey ke Pelabuhan Tanjung Gudang, terkait perpanjangan dermaga dan pendalaman alur pelayaran, sehingga kapal berukuran besar bisa langsung bersandar di dermaga tanpa harus berlabuh ditengah laut.

"Biaya operasional harus diperkecil, sehingga eksportir tidak terbebani dan pendapatan daerah lebih besar lagi. Contohnya saat ini, harus menggunakan tongkang dulu untuk membawa komoditi ke kapal angkut, ini harus dipikirkan bersama sebab ini demi kemajuan daerah," paparnya.

Ia menambahkan, jika ekspor komoditi asal Babel berjalan, maka pendapatan daerah semakin bertambah dan masyarakat juga terdampak positif yakni adanya lapangan kerja dan usaha. 

"Jika memang pendalaman alur ada masalah dengan karang, maka akan dihancurkan tapi tidak merusak yang lainnya, demi berkembangnya kegiatan ekspor impor di Babel ini," tutupnya. (dwi/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL