Erzaldi : Pertumbuhan Ekonomi Babel -4,98 Persen Terjadi Lebih Cepat

Tim_Wow    •    Kamis, 06 Agustus 2020 | 16:38 WIB
Lokal
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi  Rosman.(ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

BELINYU,www.wowbabel.com  -- Pertumbuhan ekonomi Provinsi Bangka Belitung triwulan II 2020 terkontraksi hingga -4,98% di luar dugaan. Diperkirakan pertumbuhan ekonomi yang negatif akibat dari pandemì Covid-19 memasuki triwulan ke III 2020.

"Pertumbuhan ekonomi kita negatif 4,9 persen lebih  cepat dari perkiraan. Karena di triwulan I masih positif. Ini yang harus kita perjuangkan bersama dengan menggerak sektor perekonomian di daerah, salah satunya dengan kegiatan ekspor komoditas di daerah," ungkap Erzaldi Rosman, Gubernur Provinsi Kepulauan Bàngka Belitung saat melepas ekspor perdana cangkang sawit sari Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu ke Jepang, Kamis (6/8/2020).

Kegiatan ekspor menurut Erzaldi  sebagai tulang punggung untuk menggerakkan ekonomi.  Oleh sebab itu gubernur meminta agar kegiatan usaha ekspor ini dipermudah. Apalagi Babel sudah merencanakan dalam waktu dekat untuk mengekspor berbagai komuditas.

"Ekspor lainnya dari Bangka Belitung diantaranya  kopra di Beltim pada November dan Desember ekspor komoditas buah-buahan seperti manggis, nanas, dan durian," tukas Erzaldi. 

BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Babel triwulan II-2020 dibandingkan triwulan II-2019 (y-on-y) mengalami kontraksi  sebesar -4,98 persen, turun bila dibandingkan capaian triwulan II-2019 yang tumbuh sebesar 3,45 persen. 

Dari sisi produksi, lebih banyak lapangan usaha yang terkontraksi daripada lapangan usaha yang tumbuh. Lapangan usaha yang mengalami kontraksi terdalam adalah Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan. Sementara dari sisi pengeluaran, kontraksi terbesar terjadi pada komponen ekspor luar negeri. (wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL