"Lancang Kuning" Tingkatkan Pengawasan Kebakaran Hutan

Dwi H Putra    •    Jumat, 07 Agustus 2020 | 21:00 WIB
Lokal
Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan SIK. (Dwi/wowbabel)
Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan SIK. (Dwi/wowbabel)

SUNGAILIAT, wowbabel.com  -- Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meningkatkan pengawasan ancaman kebakaran di kawasan hutan saat memasuki musim kemarau.

Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan SIK melalui Kapolsek Mendo Barat, AKP Agus Prasetyawan, pengawasan kawasan hutan dari ancaman kebakaran mulai dari pemasangan sistem teknologi aplikasi "Lancang Kuning" sampai melakukan pengawasan langsung di lapangan.

"Seperti yang terjadi pada Kamis malam (6/8/2020) di Desa Penagan, melalui sistem aplikasi "Lancang Kuning" terdeteksi titik api meskipun titik api itu tidak didapati saat dilakukan pengecekan langsung di lapangan," kata AKBP Widi Haryawan di Sungailiat, Jumat (7/8/2020).

Lanjutnya dalam pengawasan dan pencegahan kebakaran di kawasan hutan, selain menggunakan sistem teknologi aplikasi "Lancang Kuning" sebagai upaya deteksi dini, juga dilakukan upaya pencegahan dengan memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan.

"Kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa atau kecamatan dan pihak terkait lainnya, baik dalam pencegahan maupun melakukan tindakan pemadaman jika terjadi kebakaran hutan," jelas Kapolres Bangka.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Bangka, agar jangan membuka lahan dengan cara membakar hutan karena dapat dikenai saksi hukum. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL