Berlaga di Pilkada 2020, Davitri : Anggota DPRD mengajukan pengunduran diri, kepala daerah harus cuti

Hafiz Wow    •    Rabu, 12 Agustus 2020 | 15:42 WIB
Pilkada
Ketua KPU Babel, Davitri. (Fiz/wb)
Ketua KPU Babel, Davitri. (Fiz/wb)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mewajibkan pengunduran diri bagi anggota DPRD dan cuti untuk Kepala Daerah yang akan berlaga pada Pilkada 2020.

Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Davitri menyampaikan tahapan pengumuman pendaftaran pasangan calon dilakukan 28 Agustus hingga 3 September 2020. Untuk pendaftaran pasangan calon mulai dari tanggal 4-6 September 2020.

"Verifikasi syarat-syarat pencalonan tanggal sampai tanggal 6 September 2020, kemudian nanti pengunguman dokumen pasangan calon dilaman KPU Provinsi Babel untuk memperoleh tanggapan dari masyarakat dilakukan tanggal 4 sampai 8 September 2020," ungkap Davitri saat diwawancarai wowbabel.com, Rabu (12/08/2020).

Davitri mengatakan untuk penetapan pasangan calon dilakukan pada tanggal 23 September 2020. Selang satu hari kemudian, 24 September 2020 akan dilakukan pengundian dan pengumuman nomor urut untuk Pilkada serentak pada empat Kabupaten di Provinsi Babel.

"Dalam pencalonan juga ada dua syarat yang harus diketahui, dia harus diusung partai politik, dia harus memenuhi persentase lima kursi di Kabupaten, dan suara minimal yang diperoleh serta diatur dalam Undang-Undang PKPU, misal salahsatunya calon perseorangan di Bangka Selatan harus lulus verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual," terang Davitri.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL