PT Timah Ambil Bagian Memerdekakan Satwa Liar dalam Moment HUT RI ke 75

ADVERTORIAL    •    Minggu, 16 Agustus 2020 | 19:02 WIB
Lokal
Pelepasliaran satwa PT Timah dan Alobi di kawasan Bukit Nenek, Bangka Selatan. (Ist)
Pelepasliaran satwa PT Timah dan Alobi di kawasan Bukit Nenek, Bangka Selatan. (Ist)

SIMPANG RIMBA, www.wowbabel.com - PT Timah Tbk ambil bagian dalam kegiatan Memerdekan Satwa Liar di Alam dengan melakukan pelepasliaran satwa bersama Animal Lover Bangka Belitung Island (Alobi) Foundation, BKSDA Sumatera Selatan dan Pokdarwis Bukit Nenek di Kawasan Hutan Wisata Alam Gunung Permisan (Bukit Nenek) di Kecamatan Simpang Rimba, Bangka Selatan, Sabtu (15/8/2020). 

Sebanyak lima ekor satwa Jenis Kukang atau Nycticebus bancanus dilepasliarkan ke habitatnya. Setelah sebelumnya, kukang ini telah dilakukan rehabilitasi di Pusat Penyelematan Satwa (PPS) Alobi di Kawasan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang dikelola oleh PT Timah Tbk. 

Para Satwa yang dilepasliarkan merupakan serahan masyarakat dan dinyatakan telah siap dikembalikan ke habitanya di kawasan Bukit Nenek ini. 

Manager LK-PPS Alobi Babel, Endi R. Yusuf mengatakan, Kukang merupakan satwa liar dilindungi berdasarkan PermenLHK No. 106 tahun 2018. Diketahui bahwa habitat satwa liar semakin terdesak oleh berbagai konversi hutan seperti perkebunan, penebangan illegal, dan  pertambangan illegal .

Endy mengatakan, tim melakukan pelepasliaran mendekati tanggal 17 Agustus sebagai simbol bahwa Kemerdekaan semestinya merupakan hak semua makhluk hidup, termasuk satwa liar. Tim juga melakukan upacara bendera dan melakukan penanaman pohon buah hutan sebagai cadangan makanan satwa liar .



MEDSOS WOWBABEL