Masih 'Terkepor' Nelayan Muntok Butuh Perhatian Pemerintah

Chairul Aprizal    •    Minggu, 23 Agustus 2020 | 14:06 WIB
Lokal
Perahu nelayan diparkir sekitar kawasan Pantai Tembelok, Kecamatan Muntok, Bangka Barat. (ist)
Perahu nelayan diparkir sekitar kawasan Pantai Tembelok, Kecamatan Muntok, Bangka Barat. (ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kondisi nelayan di Kecamatan Muntok saat ini belum mampu bangkit pasca dihantam 'badai' Corona. 

Keterpurukan semakin menjadi-jadi dengan kondisi cuaca yang saat ini sedang tidak menentu, angin kencang dan gelombang tinggi. 

Salah satunya dirasakan oleh Abang Hanif Ghifari (33) nelayan di wilayah Tembelok, Muntok. Ia menuturkan sejak diterjang badai Covid-19 hingga lemerintah menerapkan kebiasaan era New Normal tetap kebijakan itu belum sepenuhnya berpihak kepada para nelayan.

"Tengah KO semua ini, iya terpuruk memang ini banyak hal lah yang menyebabkan tangkapan menurun tapi pembeli justru makin banyak," ungkap Hanif kepada wowbabel, Minggu (23/08/2020).

Hanif menuturkan tangkapan nelayan saat ini berkurang karena faktor cuaca, dan angin kencang sehingga nelayan kewalahan mencari ikan.

"Susah sekarang ini, cuaca inikan tidak menentu lagi, hasil tangkapan kami itukan biasa untuk ikan ekspor ke gudang, dan ikan lokal ke pasar," tutur Hanif. 

Hanif menyebutkan jika harga ikan saat ini cukup berpihak kepada para nelayan tidak pengaruh hanya saja faktor alam yang saat ini membuat nelayan masih terpuruk.

"Hasil tangkapan saja yang berkurang dan faktor cuaca, biasa normal sekitar Rp 200 ribu bisa dapat, kalau sekarang ini rata-rata banyak terkepor (terpuruk-red) semua itu," imbuh Hanif. 

Dikatakan Hanif saat ini nelayan hanya butuh perhatian pemerintah secara langsung dengan meninjau langsung ke bawah.

"Berharap dari pemerintah ini pratinjau itulah dulu untuk nelayan-nelayan pesisir ini, turun langsung ke lapangan jadi menyaksikan langsung. Selama ini kurang tidak ada lah, hanya itu harapannya jadi perhatian langsung tidak sekedar omongan saja," ungkap Hanif. 

Diakui Hanif saat ini nelayan sudah terpuruk tapi pemerintah memang sangat jarang sekali turun langsung melihat kondisi para nelayan tersebut.(rul/wb) 





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL