Shinzo Abe Resmi Mundur dari PM Jepang

Tim_Wow    •    Jumat, 28 Agustus 2020 | 18:35 WIB
Nasional
PM Jepang Shinzo Abe resmî mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM Jepang. Abe merupakan PM terlama di negeri Sakura. (net)
PM Jepang Shinzo Abe resmî mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM Jepang. Abe merupakan PM terlama di negeri Sakura. (net)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe resmi mengundurkan diri, Jumat (28/8/2020). Alasan Abe mundur karena penyakit kolitis ulserativa yang dideritanya.  Abe meminta maaf atas pengunduran dirinya itu. Dengan membungkukkan badan, Abe berucap meminta maaf kepada rakyat Jepang.

"Saya telah memutuskan untuk mundur dari jabatan perdana menteri," katanya sebagaimana dikutip dari AFP.

Abe mengatakan dirinya Judah tidak sanggup lagi memberi waktu untuk melaksanakan semua tugas sebagai Perdana Menteri.

"Sekarang saya tidak dapat memenuhi amanat rakyat dengan percaya diri, saya telah memutuskan bahwa saya tidak boleh lagi menduduki posisi perdana menteri," ungkap Abe.

Abe sender menyebut ia akan tetap menjabat sampai partai yang berkuasa Partai Demokrat Liberal memilih penggantinya. Pemilihan akan dilakukan di parlemen.

Belum ada konsensus yang jelas soal siapa yang menggantikannya. Termasuk apakah itu Menteri Keuangan Taro Aso atau sekretaris kabinet Yoshihide Suga.

"Saya dengan tulus meminta maaf kepada masyarakat Jepang karena telah meninggalkan jabatan saya dengan sisa satu tahun masa jabatan saya, dan di tengah kesengsaraan virus corona," tuturnya.

"Sementara berbagai kebijakan masih dalam proses diimplementasikan."

Pengunduran diri ini bukan yang pertama kali dilakukan Abe, sebelumnya ia juga pernah mundur pada tahun 2007. Saat itu, ia baru menjabat setahun sebagai perdana menteri. Penyakit yang sama membuatnya melakukan hal tersebut. Namun di tahun 2012 ia dinyatakan sembuh dan kembali memenangkan pemilu. Memburuknya kesehatan Abe diketahui dari pemberitaan media lokal yang menyebut Abe sempat muntah darah karena penyakitnya. (*)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE