Tim SAR Berhasil Evakuasi Tiga Penambang Liar Tertimbun Longsor

Tim_Wow    •    Minggu, 30 Agustus 2020 | 09:11 WIB
Video Kite
Tim SAR Gabungan saat melakukan evakuasi korban tambang di kawasan Sarang Ikan Lubuk Besar. (ist/Tim SAR)

LUBUKBESAR,www.wowbabel.com -- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi tiga dari enam orang korban tanah longsor di lokasi pertambangan timah kawasan Sarang Ikan, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (30/8/2020) dini hari.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang, Fazzli mengatakan, tiga orang korban tersebut ditemukan pada waktu berbeda.

"Tim SAR Gabungan pada Pukul 01:00 WIB berhasil menemukan satu orang korban atas nama Aldi dalam keadaan meninggal dunia. Aldi merupakan korban terakhir yang dicari dalam operasi pencarian dan pertolongan laka tambang dan Lubuk Besar," kata Fazzli.

Sebelumnya, jelas Fazzli, Tim SAR Gabungan lebih dulu mengevakuasi dua korban lainnya yang juga dalam keadaan meninggal dunia.

"Dua korban lainnya yakni Yanto yang ditemukan tim SAR gabungan pada pukul 23:50 WIB dalam keadaan meninggal dunia.

Selanjutnya selang beberapa jam tim gabungan menemukan korban selanjutnya yakni atas nama Dedi pukul 01:00 WIB," jelasnya.

Semua jenazah korban kemudian dilarikan ke puskesmas terdekat sebelum dikembalikan kepihak keluarga.

"Semua jenazah korban dievakuasi ke Puskesmas Lubuk Besar," katanya.

Dengan ditemukannya tiga korban tersebut, operasi SAR gabungan yang dibuka Sabtu malam pun ditutup.

"Dengan ditemukannya korban terkahir maka operasi ini akan saya usulkan untuk ditutup, selanjuytnya tim yang terlibat dapat kembali ke satuannya masing - masing," tukas Fazzli.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas semua bantuan dari rekan -rekan potensi SAR, unsur - unsur yang terlibat dan masyarakat setempat yang ikut andil dalam pelaksanaan Operasi SAR Gabungan ini, berkat bantuan saudara - saudara Operasi SAR ini dapat berjalan lancar," imbuhnya.

Dalam laka tambang timah ini, enam orang menjadi korban dan dinyatakan meninggal dunia usai tertimbun longsor tanah. Tiga orang lebih dulu berhasil dievakuasi oleh warga setempat dan sesama penambang lainnya di lokasi.(dag/wb) 


Adapun identitas para korban yakni

1. Sugeng

2. Hery (Operasi PC)

3. Hery 

4. Yanto 

5. Dedi 

6. Aldi 




MEDSOS WOWBABEL