Wow....Mahar Janda Bolong Capai Puluhan Juta Rupiah

Tim_Wow    •    Kamis, 03 September 2020 | 19:05 WIB
Hiburan
Tanaman Hias Janda Bolong.(net)
Tanaman Hias Janda Bolong.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com  --  Bagi para pencita bunga, tak asing lagi dengan bunga Janda Bolong atau yang sering disebut janbol. Belakangan bunga ini menjadi  perbincangan khalayak ramai lantaran harganya yang fantastis, hingga mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Janda Bolong atau janbol bernama latin monstera adansonii variegated merupakan family araceae. Termasuk dalam tanaman tropical plants yang sering diburu para pencinta bunga lantaran bentuk daunnya yang unik.

Sebutan Janda Bolong oleh orang Indonesia lantaran bunga ini memiliki kekhasan daun yang bolong atau berlubang-lubang. Hal ini bukan disebabkan oleh hama atau penyakit, namun yang otentik. Inilah yang menyebabkan bunga janbol langka dan harga selangit.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis janbol, yakni Adansonii memiliki ciri khas daun lebih oval, warna hijau tua dan bolongnya lebih kecil. Sedangkan epipremiodes memiliki corak daun panjang, warna daun hijau muda dan bolong daunnya lebih banyak dan besar.

Harga janbol sendiri berdasarkan kualitas, jika variegatnya bagus atau ukurannya yang besar, harganya tentu lebih mahal. Adansonii yang varigatnya bagus dan seimbang antara putih dan hijau, berdaun lebar antara 15 cm hingga 80 cm dibanderol sekitar  Rp 10 juta Untuk yang biasa, dijual seharga Rp 1 juta rupiah.

Karena sedang menjadi primadona, bunga ini banyak dijual baik offline maupun online. Juga banyak dijual di beberapa marketplace dengan harga yang cukup fantastis.

Ada yang dihitung berdasarkan pohon, ada yang dihitung berdasarkan helai daun. Tak mengherankan jika ada yang membandrol harga hingga puluhan juta rupiah.

Bahkan belum lama ini harga Janda Bolong menembus angka Rp 100 juta. Informasi perihal ini dikabarkan oleh pegiat tanaman hias ternama dari Bogor, Mas Iwan  pada pertengahan Agustus 2020 lalu.

Seperti dikutip di klikhijau, Iwan mengatakan pembeli Janda Bolong seharga Rp 100 juta tersebut adalah orang yang berdomisili di Jakarta, namun identitasnya tidak disebutkan.(bbs/*)




MEDSOS WOWBABEL