Pusat Informasi Geologi Jadi Destinasi Wisata Baru

Foto bersama saat peresmian PIG Belitung. (Fauzi/db)
Foto bersama saat peresmian PIG Belitung. (Fauzi/db)

KELAPA KAMPIT, www.wowbabel.com - Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan adanya PIG akan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Beltim. Ia optimis keberadaan PIG akan saling mendukung dengan 7 geosite yang ada di Pulau Belitung.

“Melaui, PIG ini dapat memberikan edukasi kegeologian kepada baik bagi masyarakat maupun wisatawan akan kekayaan geologi daerah Belitong yang kemudian dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan kekayaan keragaman geologi yang yang ada,” kata Yuslih.    

Apalagi menurut Yuslih, pada November 2020 mendatang UNESCO akan memberikan status UNESCO Global Geopark untuk Geopark Pulau Belitung. Hal itu akan membuat kunjungan wisatawan internasional bertambah ke Pulau Belitung.  

“Insya Allah harapan saya ke depan sebelum wisatawan mengunjungi  geosite-geosite yang ada di Pulau Belitung, mereka dapat terlebih dahulu datang ke sini. Sehingga mereka akan menerima edukasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan geopark,” harap Yuslih.    

PIG yang dibangun pada tahun 2019dengan menggunakan anggaran APBN hampir sebesar Rp 2 milyar ini ditujukanuntuk tempat bagi wisatawan dan masyarakat umum untuk memperoleh informasi mengenai keberagaman geologi, dinamika bumi, sejarah kehidupan, potensi bencana serta potensi sumber daya geologi dan pemanfaatannya. Bangunan lama PIG merupakan Wisma Kecamatan Kelapa Kampit.

Pembangunannya diprakarsai oleh Badan Geologi Kementerian ESDM atas permintaan Pemkab Beltim. PIG Pulau Belitung ini merupakan PIG ke 4 di mana sebelumnya Badan Geologi telah membangun PIG Toba dan PIG Daerah Istimewa Yogyakarta. Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung ini akan memberikan informasi geologi Pulau Belitung yang lebih rinci dan tentunya berguna untuk masyarakat dan Pemerintah Daerah agar lebih mengetahui wilayahnya dan menjadi acuan dalam pengembangan ke depannya. (Fa/db)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL