Herman Ditemukan Berada di Ketinggian 400 Mdpl

Dwi H Putra    •    Senin, 07 September 2020 | 11:29 WIB
Lokal
Tim SAR Gabungan saat mencari keberadaan Hermansyah di sekitar Gunung Maras.(ist)
Tim SAR Gabungan saat mencari keberadaan Hermansyah di sekitar Gunung Maras.(ist)

BAKAM, www.wowbabel.com -- Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Hermansyah (35) warga asal Palembang yang berdomisili di Perum Kejora Beluluk Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang hilang di Gunung Maras, Kabupaten Bangka. 

Korban ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat, di ketinggian 400 Mdpl, saat berjalan mengikuti jalur ke perbukitan lain yang berdampingan dengan Gunung Maras. 

"Berdasarkan laporan yang kami terima, tim kemudian melakukan pencarian dengan tehnik detection mode yakni pencarian penyapuan secara pararel, berdasarkan ceceran barang milik korban," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang selaku SAR Mission Cordinator, Fazzli ketika dihubungi wowbabel.com, Senin (7/9/2020). 

"Korban akhirnya ditemukan tim tiga di jalur setapak menuju puncak bukit lain pada ketinggian 400 mdpl, dimana korban sedang berusaha mencari jalan menuruni Gunung Maras menuju ke perkampungan terdekat," ujarnya. 

Lanjut Fazzli, Tim SAR gabungan menemukan korban pada Senin (7/9/2020) pagi sekitar pukul 06.56 wib berjarak 25 kilometer dari lokasi hilang setelah tersesat mendaki melalui Desa Dalil untuk melihat air terjun bersama tiga rekannya, yakni Sarefi, Satria dan Rusban. 

Dengan ditemukannya korban tersebut, Operasi SAR terhadap Hermansyah ditutup dan anggota tim yang tergabung di Tim SAR Gabungan dikembalikan ke satuannya masing-masing. 

"Operasi SAR ditutup dan kami mengucapkan terimakasih atas bantuan para potensi SAR yang ikut dalam Operasi SAR ini," jelas Fazzli.

Diketahui, pendaki hilang Hermansyah, berdasarkan kronologis yang dilaporkan pada Minggu (6/9/2020) sekitar pukul 10.00 WIB korban bersama tiga orang rekannya Sarefi, Satria dan Rusban mulai mendaki ke Gunung Maras hingga pukul 15.00 WIB. 

Lalu, sebelum mencapai puncak pada pos kedua, ketiga tekan korban memutuskan untuk kembali kebawah, sedangkan korban melanjutkan pendakian ke puncak seorang diri.

Selanjutnya, hingga pukul 17.35 WIB korban belum juga turun kebawah dan akhirnya disusul oleh warga bersama warga setempat. Namun hingga pukul 20.45 WIB warga telah kembali turun dari atas dan belum menemukan korban hingga sampai saat ini selanjutnya melaporkan ke Basarnas dan instansi terkait. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL