KPU Beltim Nyatakan Berkas Berakar dan Beltim Kaya Lengkap

Jurnalis_Warga    •    Senin, 07 September 2020 | 13:38 WIB
Pilkada
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

MANGGAR,www.wowbabel.com -- Tahapan Proses Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur berjalan lancar dan sukses. Seluruh berkas syarat administrasi pencalonan dan calon dua pasangan bakal calon yang mendaftar dinyatakan lengkap dan sah.

Dengan melakukan penyerahan seluruh berkas syarat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Beltim, Ketua KPU Beltim Rizal menyatakan dua pasangan calon yang mendaftarkan diri tersebut dianggap sudah resmi menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2020.

“Dua pasangan ini sudah menerima berita acara tanda terima penyerahan berkas. Artinya sah menjadi bakal pasangan calon karena sudah mendaftar di KPU Beltim,” kata Rizal seusai kegiatan Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2020 di Halaman KPU Beltim, Minggu (6/9/2020).

Ditekankannya, meski sudah mendaftar dan menyerahkan berkas persyaratan namun bukan berarti dua pasangan tersebut resmi menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati, mengingat masih ada tahapan pemeriksaan kesehatan dan berkas yang harus perifikasi baik oleh KPU maupun Bawaslu Beltim.

“Statusnya belum Calon Bupati dan Wakil Bupati, masih bakal calon. Calon itu statusnya akan kami tetapkan di tanggal 23 September 2020,” imbuh Rizal.

Selanjutnya dalam tujuh hari mendatang, KPU Beltim akan melakukan pemeriksaan berkas. Di samping itu pula, para bakal calon juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan yang juga merupakan bagian dari syarat calon.

“Pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan pada 8 – 9 September 2020 di RSPAD Gatot Soebroto. Barulah pada 13 September 2020 kami akan menyampaikan hasil verfikasi berkas terkait syarat calon, kalau ada kekurangan berkas nanti kami sampai pas saat itu,” ungkap Rizal.

Pengerahan Masa Masih Dalam Batas Kewajaran

Terpisah Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Beltim Wahyu Evan Yudistira menyatakan tahapan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim sudah berjalan dengan baik. Meski ada pengerahan massa yang cukup banyak namun Dia menilai masih dalam batas kewajaran dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Dalam pemantauan kami dan hasil pengawasan kami sejauh ini massa yang mendampingi atau ikut mengantar bakal pasangan calon masih dalam batas kewajaran. Sepertinya kalau tidak di masa pandemi akan lebih ramai dari ini,” kata Evan.

Dalam melaksanakan tahapan pendaftaran bakal calon, Evan menyatakan seluruh proses sudah berjalan dengan aturan yang berlaku. KPU Beltim juga disebutnya sudah melaksanakan proses sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Kalau untuk masalah kekurangan berkas dan syarat pencalonan maupun calon terkait keabsahannya, kita belum sampai ke sana. Karena proses pemastiannya tidak di hari ini, namun lebih ke lengkap atau tidak lengkapnya berkas,” ujar Evan.

Evan pun berpesan kepada seluruh penyelenggara serta kontestan yang ikut dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 agar taat pada aturan agar pemiilihan yang demokratis dapat berjalan baik di Kabupaten Beltim.  

“Pemilihan yang demokratis diantaranya peserta pemilihan, baik kontestan maupun tim pemenangannya taat pada aturan. Kepentingan dan kebutuhan atas hadirnya pemilihan yang demokratis jadi bagian dari peserta pemilihan itu sendiri,” ucapnya. @2!     




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL