Pilkada Beltim 2020: Berakar dan Beltim Kaya Daftar di Hari yang Sama

Jurnalis_Warga    •    Senin, 07 September 2020 | 13:26 WIB
Pilkada
Burhanuddin dan Khairil Anwar (BERAKAR) saat mendaftarkan diri ke KPU Belitung Timur.(ist)
Burhanuddin dan Khairil Anwar (BERAKAR) saat mendaftarkan diri ke KPU Belitung Timur.(ist)

MANGGAR,www.wowbabel.com -- Dua pasangan Bakal Calon Peserta Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Belitung Timur mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Beltim, Minggu (6/9/2020). 

Pendaftaran di hari terakhir pendaftaran ini menandai resminya dua pasang tersebut sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2020.

Pasangan pertama, yakni Burhanuddin dan Khairil Anwar (BERAKAR) tiba lebih dulu, yakni sekitar pukul 09.00 WIB di KPU Beltim. Ratusan pendukung, baik dari partai pengusung maupun simpatisan pasangan juga ikut mengantar.

Pasangan yang diusulkan Partai Golkar, PKS, dan Gerindra serta didukung oleh PPP dan Gelora  ini datang dengan mengenakan seragam batik khas Beltim bercorak biji kopi. Layaknya pasangan pengantin, mereka diarak oleh hadrah dan menggunakan prosesi ‘Berebut Lawang’.

“Sengaja kita gunakan proses berebut lawang, karena kita ini pasangan yang merakyat dan mencintai budaya Belitong. Makanya kita ajak juga para seniman dan budayawan di Belitung Timur ini,” kata Ketua Tim Pemenangan Pasangan BERAKAR Jafri.

Mantan Ketua DPRD Beltim itu mengklaim membawa sekitar 200-an orang untuk mengantarkan BERAKAR mendaftar ke KPU. Ratusan orang itu berasal dari partai pengusul dan pendukung, simpatisan, relawan baik dari Kabupaten Beltim maupun dari Kabupaten Belitung.

“Ramai kami, kurang lebih 200 orang. Mulanya kita hanya ingin pergi dengan 40 orang, namun karena KPU menyiapkan tempat duduk yang banyak dan sudah koordinasi ke Polres makanya kami ajak juga partai pengusul, pendukung simpatisan serta seniman,” ungkap Jafri.

 Pasangan KAYA Diantar 100 orang

Sementara itu pasangan ke dua, Yuri Kemal Fadlullah dan Nurdiansyah (BELTIM KAYA) tiba ke KPU Beltim sekitar pukul 14.00. Sebelum berangkat ke KPU, para partai pengusul dan pendukung berkumpul bersama di kediaman keluarga Yusril Ihza Mahendra di Desa Lalang Manggar.    

Pasangan yang diusulkan oleh PBB, PDI-P, Nasdem, Demokrat, Hanura, PAN, dan Perindo ini datang ke KPU dengan mengenakan kemeja putih celana hitam. Sama seperti pasangan sebelumnya, BELTIM KAYA juga menggunakan kesenian hadrah sebagai pengiring, hanya saja tidak menggunakan prosesi ‘berebut lawang’.

“Kalau kami konsepnya biasa saja, dengan tetap mengusung adat tradisional seperti yang biasanya dipakai oleh keluarga Pak Yusril kalau ingin melakukan pencalonan. Cukup dengan mengundang tetangga-tetangga, berkumpul bersama di rumah orang tua beliau dan membaca doa,” kata Ketua Tim Pemenangan KAYA Fezzi Uktolseja.    

Meski diusulkan oleh tujuh partai yang memiliki kursi di DPRD Beltim, Ketua DPRD Beltim itu menyatakan hanya membawa sekitar 100 orang untuk mengantarkan pasangan KAYA mendaftarkan diri ke KPU Beltim.

“Seratus oranglah kurang lebih, karena kan ada pembatasan. Jaman COVID ini kan, jangan sampai terlalu banyaklah membawa orang,” ujar Fezzi. @2!





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL