Pilkada Euforia Belaka

Jurnalis_Warga    •    Kamis, 10 September 2020 | 11:09 WIB
Opini
Adhy Yos Perdana,  Ketua Umum HMI cabang Bangka Belitung. (ist)
Adhy Yos Perdana, Ketua Umum HMI cabang Bangka Belitung. (ist)

SEJATINYA pejabat publik yang diharapkan dari masyarakat adalah kepedulian dan ide ide besarnya dalam membangun peradaban manusia yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Pejabat yang merupakan orang-orang yang dipilih oleh rakyat sejatinya merupakan pribadi atau figur yang menjadi tauladan dikalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar yang cukup besar, dan diharapkan dapat melahirkan sumbangsih pemikiran yang dapat memajukan. 

Bicara terkait dengan pejabat tentu tak lama lagi Indonesia akan menggelar pilkada serentak di berbagai wilayah. Partisipasi masyarakat terhadap pilkada 2020 diharapkan semakin membaik, artinya partisipasi akan jalanya demokrasi di Indonesia naik dari sebelumnya. 

Namun partisipasi terhadap pilkada ataupun partisipasi masyarakat terhadap kontestasi politik tentu dilatarbelakangi dengan kondisi real yang di terima masyarakat dalam kehidupannya berkaitan dengan tatanan sosial kenegaraan yang di hasilkan dari kebijakan publik dari pemerintah yang dimana Pemerintah adalah figur yang diamankan Masyarakat untuk memimpin mereka dalam menjalankan tugasnya mensejahterakan rakyat. 

Lalu apa maksudnya? 

Maksudnya adalah partisipasi masyarakat terhadap pilkada yang diselenggarakan pun demikian pilkada 2020 ini di pengaruhi dari pemahaman politik, kondisi sosial ketatanegaraan masyarakat, dan kesejahteraan masyarakat. 

Dalam bahasa sederhananya jika partisipasi masyarakat terhadap pilkada menurun artinya kepuasan masyarakat terhadap pemerintah ini berkurang. 

Hal ini yang lazim terjadi di Indonesia diantaranya adalah: 

1. Kontribusi pejabat terhadap masyarakat kurang dirasakan 

2. Kontribusi pejabat terhadap masyarakat dan lingkungan tidak ada sama sekali

3. Korupsi, kolusi , dan nepotisme

4. Birokrasi yang panjang/ berbelit-belit

5. Dll

Faktor di atas menjadi sederet masalah yang harus segera dipecahkan bersama, terlebih pihak yang berkaitan. 



MEDSOS WOWBABEL