Bersama The Localenablers, Melati Eksplorasi Objek Wisata di Pulau Bangka

ADVERTORIAL    •    Sabtu, 12 September 2020 | 13:26 WIB
Lokal
Melati Erzaldi saat mengunjungi Hutan Pelawan di Desa Namang, Kecamatan Namang, Bangka Tengah.(ist)
Melati Erzaldi saat mengunjungi Hutan Pelawan di Desa Namang, Kecamatan Namang, Bangka Tengah.(ist)

NAMANG,www.wowbabel.com - Melati Erzaldi mengeksplorasi kawasan Hutan Pelawan Namang, Kabupaten Bangka Tengah bersama The Localenablers untuk mendapatkan masukan dan ide kreatif yang bisa diterapkan untuk kawasan ini, Jumat (11/9/2020).

Kawasan hutan pelawan menjadi salah satu objek wisata di Babel yang dikenalkan kepada Dr. Dwi Purnomo, Pendiri The Localenablers saat berkunjung ke Pulau Bangka dalam rangka menjadi narasumber workshop bersama UMKM Babel. 

Selain itu, dengan berkunjung langsung ke tempat wisata seperti ini, Melati yakin akan lebih banyak ide-ide yang muncul untuk memajukan tiap objek wisata di Babel agar menjadi masukan bagi pengelola dan pemerintah setempat. 

“Hebatnya, kawasan ini sudah pernah mendapatkan penghargaan dari menteri lingkungan hidup dan penghargaan kalpataru. Saya rasa harus banyak dilakukan pengembangan untuk mempertahankan penghargaan-penghargaan ini,” ungkapnya. 

Menurut Melati, The Localenablers harus diajak mengunjungi objek wisata Babel khususnya saat berkunjung ke Pulau Bangka seperti kesempatan kali ini.

“Saya juga ingin mendapatkan masukan-masukan dari mereka. Mereka berpengalaman dalam pemberdayaan lokal, bagaimana satu desa, objek wisata, produk atau komunitas menjadi lebih berkembang,” ungkap Ibu Melati.

Pendiri The Localenabletd Dr. Dwi usai menyusuri kawasan hutan mengatakan bahwa masih banyak sekali yang bisa dieksplorasi di Hutan Pelawan Namang ini. Selain madunya, wisata hutan, kawasan ini masih menyimpan banyak potensi industri kreatif. 

“Kita bisa siapkan proposal penelitian kawasan ini, agar ditemukan potensi-potensi usai diteliti. Seperti kualitas kayu, tanah, dan sebagainya untuk upgrading kawasan ini,” ungkapnya. 

Menyambut hal ini, Melati berharap kawan-kawan pengelola hutan pelawan ini terbuka untuk berkolaborasi. “Ide dan masukan juga sangat mahal menurut saya, maka harus direspon dan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Usai ke Hutan Pelawan Namang, Melati bersama tim The Localenablers juga menyempatkan mengunjungi Pantai Pan Semujur sebelum kembali ke Pangkalpinang. 

“Pan Semujur sedang dipersiapkan menjadi KEK Pulau Bangka, di sini kita dapat menikmati pantai, makanan khas Bangka hingga bermain jetski. Kita akan coba jetski di Pan Semujur,” pungkasnya.(adv/*)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE