BLT UMKM Cair, Diumumkan di Kelurahan dan Kecamatan

Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) senilai Rp2,4 juta dari pemerintah pusat kini telah dicairkan.

Pencairan bantuan tersebut langsung ditransfer ke rekening penerima. Ataupun, jika penerima yang tidak memiliki nomor rekening bank maka akan dihubungi oleh pihak bank penyalur yaitu BRI.

Selain itu, Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kota Pangkalpinang juga telah menginformasikan nama-nama penerima melalui pihak kelurahan dan kecamatan. 

"Mungkin ada yang tidak memiliki nomor handphonenya kami sampaikan pihak kecamatan dan kelurahan untuk memberitahukan jika ada nama warganya," ujar Kepala Disperindag, Donal Tampubolon saat dikonfirmasi, Sabtu (12/9/2020).

Terkait berapa jumlah penerima yang sudah salurkan, menurut Donal, data-data tersebut ada pada pihak penyalur atau BRI yang nantinya akan dihubungi langsung kepada yang bersangkutan.

"Karena kami juga mendapatkan nama-nama penerima dari pihak provinsi dan BRI, dan dari Kementerian langsung kepada pihak BRI," lanjutnya.  

"Jika ada nama pada daftar namun belum dipanggil oleh pihak bank, maka kami berikan nama-nama tersebut ke pihak kelurahan. Mungkin pihak bank juga menghindari terjadinya penumpukan jika langsung dipanggil semua, makanya dipanggil bertahap," ujarnya.

Selain itu kata Donal, jika ada penerima yang tidak memiliki rekening, maka akan diaktifkan rekening baru oleh pihak penyalur saat pencairan.

Untuk pencairan bagi yang menerima bantuan tersebut diwajibkan  membawa KTP, KK, dan izin usahanya ke bank. Jika tidak punya izin usaha atau surat keterangan usaha bisa mendatangi kantor lurah setempat.

"Nama-nama itu kita terima dari pihak provinsi dan BRI. Kami juga sudah menyampaikan nama-nama penerima tersebut ke Kelurahan dan Kecamatan," tukasnya.(hen/wb)




MEDSOS WOWBABEL