Pilkada Babar 2020: Doktor Ibrahim Sebut Basis Kekuatan di Pilkada Babar Lebih Variatif

Chairul Aprizal    •    Minggu, 13 September 2020 | 13:35 WIB
Pilkada
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Pengamat Politik dari kalangan akademisi Bangka Belitung, Doktor Ibrahim menyebutkan Pilkada Bangka Barat tampaknya akan menjadi Pilkada yang menarik karena munculnya tiga pasangan bakal calon.

DR Ibrahim mengatakan tiga pasangan ini yang relatif mengusik perhatian di tengah mengelompoknya kekuatan ke tubuh Sukirman-Bong Ming Ming dan Markus-Badri. 

"Jika hanya dua pasangan, dipastikan pertarungan akan berjalan alot, namun dengan munculnya alternatif ketiga, peta politik bergeser menjadi lebih dinamis," ucap Dosen Ilmu Politik UBB ini kepada wowbabel, Minggu (13/09/2020).

DR Ibrahim menuturkan pasangan Markus-Badri boleh disebut sebagai kelompok petahana meski Badri bukanlah incumbent. 

"Markus dengan partai penyokongnya punya sumber daya yang kuat, baik secara kepartaian maupun dari sisi latar belakang pekerjaan," ujarnya.

Sementara pasangan Sukir-Bong Ming Ming sendiri adalah pasangan yang populer dan memiliki pengalaman dalam kontestasi sebelumnya. 

"Keduanya juga adalah anggota DPRD yang telah melewati perjuangan lumayan untuk memenangkan kursi di dapil mereka," tukasnya.

Selain itu poros ketiga Safri dan Eddy sendiri relatif muncul di akhir-akhir, tapi diyakini keduanya akan memberi warna dalam kalkulasi suara. 



MEDSOS WOWBABEL