Pilkada Babar 2020: Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dinyatakan MS

Chairul Aprizal    •    Minggu, 13 September 2020 | 10:34 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Barat, Pardi saat menerima hasil tes kesehatan para paslon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat dari pihak RSPAD Jakarta.(ist)
Ketua KPU Bangka Barat, Pardi saat menerima hasil tes kesehatan para paslon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat dari pihak RSPAD Jakarta.(ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Ketiga Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020 dinyatakan memenuhi syarat kesehatan setelah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Jakarta tanggal 8 dan 9 September 2020.

Ketua Pokja IDI KPU Bangka Barat dr Ratnosoppi menjelaskan Rikkes (Pemeriksanaan Kesehatan) bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat 2020 dilaksanakan sesuai dgn keputusan Ketua KPU RI nomor 412/PL.02.02-Kpt/06/KPU/IX/2020, terdiri dari pemeriksaan jasmani dan mental, psikologi serta napza.

"Pemeriksaan jasmani dan mental KPU Babar bekerjsama dengan IDI Cabang Babar" ucap dr Ratnosoppi, Minggu, (13/09/2020).

Ratnosoppi mengatakan untuk pemeriksaan psikologi KPU bekerjasama dengan Himpsi (Himpunan Psikologi Indonesia) Bangka Belitung dan pemeriksaan napza bekerjsama dengan BNN Bangka Belitung.

"Semua pemeriksaan dipusatkan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta tanggal 8 dan 9 September 2020, yang mana sebelumnya para paslon diwajibkan untuk memeriksa dan melampirkan hasil pemeriksaan Swab PCR negatif sebelum dilakukan rikkes di RSPAD dan bila hasil positif maka rikkes calon tersebut ditunda selama 14 hari atau setelah dinyatakan negatif," terangnya.

Ratnosoppi mengungkapkan dari ketiga bakal pasangan calon tersebut hasil swab PCR dinyatakan negatif.

"Hari pertama rikkes dimulai jam tujuh pagi dengan dilakukan pemeriksaan jasmani, mental dan tes napza oleh timkes yang sudah ditugaskan oleh Kepala RSPAD pemeriksaan berakhir pukul lima sore," ucapnya.

Hari kedua rikkes dimulai pukul 07.00 WIB denga pemeriksaan psikologi menyeluruh, baik tertulis maupun wawancara oleh 5 psikolog Babel dan 1 psikolog DKI Jakarta, pemeriksaan berakhir pukul 16.00 WIB.

"Dilanjutkan pleno internal Timkes RSPAD dan pleno internal Himpsi Babel mulai jam 4 sampai jam 5 sore," tuturnya.

Setelah itu dilanjutkan pleno Timkes RSPAD-Himpsi Babel-IDI Babar-BNN Babel, kemudian dilakukan serah terima hasil rikkes dari timkes RSPAD yang diwakili oleh Wakil Kepala RSPAD kepada Ketua KPU Bangka Barat.

Tanggal 11 September dilakukan pengumuman hasil rikkes dari KPU dan IDI Babar kepada masing-masing bakal cabup/cawabup di Kantor KPU Bangka Barat.

"Kepada semua calon secara satu per satu bergiliran dikarenakan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut bersifat rahasia pribadi sehingga harus tertutup" ujar Ratnosoppi.

"Dan alhamdulillah tiga paslon tersebut semuanya Memenuhi Syarat (MS) baik itu jasmani, mental, psikologi dan aspek narkotika sehingga mudah-mudahan selama lima tahun kedepan sampai akhir masanya, siapapun yang terpilih, mampu secara fisik dan psikis menjalankan roda pemerintahan daerah dengan baik dan lancar," tukasnya.(rul/wb) 




MEDSOS WOWBABEL