DPS Bangka Tengah Bakal Diumumkan Tanggal 19 September Mendatang

Herdian wow    •    Kamis, 17 September 2020 | 17:15 WIB
Pilkada
Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi, KPU Bangka Tengah, Muhammad Panjitiana.(her/wb)
Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi, KPU Bangka Tengah, Muhammad Panjitiana.(her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan rapat pleno penetapan Data Pemilih Sementara (DPS), dari hasil data perbaikan pemuktahiran yang diserahkan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Bangka Tengah.

Menurut Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bangka Tengah, Muhammad Panjitiana, total DPS di Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 129.199 orang. Dimana jumlah tersebut, terbagi dalam dua gender, yakni 66.489 orang laki-laki dan 62.710 untuk pemilih perempuan.

"Untuk di Bateng kalau dilihat dari jumlah pemilih didominasi oleh pemilih berjenis kelamin laki-laki," ucapnya, Kamis (17/9/2020)

"Kemarin sudah kita tetapkan, selama masa ini, ada masa yang namanya tanggapan masyarakat. Kalau sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020, masa tanggapan masyarakat itu, dimulai dari 19 September sampai 28 September," jelasnya.

Di masa itu, dikatakannya, kedepan data hasil pleno DPS akan diturunkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk diumumkan di desa maupun kelurahan di kecamatan masing-masing.

Ia melanjutkan, di masa pengumuman terkait, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk proaktif melakukan pengecekan terhadap nama-nama dan data masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui nama mereka sudah terdaftar ataupun belum pada DPS.

"Ini belum berakhir. Nanti masih ada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang akan ditetapkan pada bulan Oktober mendatang. Kalau tanggalnya sesuai dengan PKPU (Nomor) 5, ditetapkan pada range waktu, sejak 9 Oktober sampai 16 Oktober," terang Panji.

Panji berharap kepada masyarakat Bangka Tengah agar lebih intens melakukan pengecekan nama saat DPS diumumkan dalam waktu dekat. Dia menyarankan, apabila terdapat nama masyarakat yang belum tercantum di dalam DPS, agar dapat melaporkan ke pemerintah desa (pemdes) masing-masing. Ataupun bisa datang langsung ke KPU Bangka Tengah.

"KPU akan selalu terbuka jadi silahkan lapor ke kami. Atau bisa juga ke Bawaslu (Kabupaten) dimana batas waktu pelaporan sampai dengan 28 September mendatang," pungkasnya.(her/wb)




MEDSOS WOWBABEL