Liga Catur 2020 Gunakan Swiss Manajer

Jurnalis_Warga    •    Senin, 28 September 2020 | 08:50 WIB
Sport
Para atlet Catur puteri Beltim saat bertanding di laga final Liga Catur 2020. (fauzi akbar/diskominfo beltim)
Para atlet Catur puteri Beltim saat bertanding di laga final Liga Catur 2020. (fauzi akbar/diskominfo beltim)

MANGGAR, www.wowbabel.com  - Putaran Final Liga Catur 2020 Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kabupaten Belitung Timur berlangsung di Warung Kopi 1001 Manggar, Juma’t (25/9/2020) hingga Minggu (27/9/2020) Sore. Final diikuti oleh 30 peserta dari babak penyisihan kecamatan.

Hasilnya, Com Edo Arizona meraih peringkat I putra, Kevin peringkat II, dan Alamsyah peringkat III. Sedangkan untuk putri, Aissyah Puasari meraih peringkat I, Windy Anisa Dewi peringkat II, dan Niken Kamela peringkat III.

Ketua Pengkab PERCASI Beltim Ferizal mengatakan teknis pertandingan Liga Catur 2020 menggunakan aplikasi komputer Catur Swiss Manajer. Panitia hanya memasukkan nama peserta, komputer yang langsung mengundi serta menghitung poin pemenang.

“Dalam babak penyisihan kita gunakan Swiss Manajer 7 babak. Sedangkan untuk putaran final pakai Swiss Manajer 9 babak,” ungkap Ferizal.

10 peringkat teratas akan kembali diadu pada November 2020 mendatang untuk diseleksi bersama dengan dua atlet catur Kabupaten Beltim yang sedang kuliah di ITB Bandung dan IPB Bogor. 4 peringkat teratas akan masuk menjadi atlet unggulan catur persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Bangka Barat.

“Kalau kita di PERCASI terus melakukan proses seleksi dan pembibitan. Dari 3 peringkat teratas, ada satu nama baru atas nama Kevin,” kata Ferizal.

Terkait minimnya keikutsertaan perempuan dalam Liga Catur 2020, Wakil Ketua II KONI Beltim itu mengakui jika minat perempuan hampir dalam setiap cabang olahraga masih rendah. Meski begitu dia menyebut beberapa atlet catur putri Beltim sudah berhasil mencapai Pra PON Sumatera.

“Kendala kita di Beltim ini hampir di semua cabor, kaum perempuan belum begitu tertarik dengan olahraga. Namun Alhamdulillah dari 6 besar yang ikut dalam liga catur ini, ada dua atlet catur putri yang baru,” ujar Ferizal.   

PERCASI Beltim juga terus memasyarakatkan olahraga catur, salah satunya dengan membuka kelas pembinaan untuk anak-anak sekolah dasar. Kelas dibuka setiap Jum’at dan Sabtu sore di Sekretariat Pengkab PERCASI Jalan Sudirman Manggar. (fa/db)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL