Politik Kemanusian

Jurnalis_Warga    •    Minggu, 04 Oktober 2020 | 18:15 WIB
Opini
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

Oleh : Areng Permana (Walikopi/FIBB) 


Assalamualaikum wr.wb, salam sejahtera untuk kita semua.

Saudara, Hari ini saya mendengar kabar duka dari dua kabupaten sekaligus. Telah berpulang ke rahmatullah Calon Petahana Bangka Tengah Ibnu Saleh dan Adik kandung Rna Tarol di Bangka Selatan, walau berbeda sebab wafat naum ini menjadi “wake up call” bagi kita bahwa diatas politik adalah kemanusiaan. 

Terima kasih bagi yang sudah mengucapakan ucapan bela sungkawa terhadap beliau, saya sangat menghormati politik santun sedemikian.

Saudara, Gus Dur pernah berkata, "Yang Lebih dari Politik Adalah Kemanusiaan" . kutipan kata ini sangat tertanam di kepala saya disaat - saat seperti ini, betapa membuat saya sedih di masa pandemi ini masih saja ada orang melakukan Kampanye Negatif di sosial media dan bahkan pada ruang ruang publik lain, warung kopi misalnya.

Melakukan pembusukan karakter, fitnah dan berkata kata kasar di ruang publik, perlu saudara ketahui di masa pandemi melakukan politik negatif ini hanya akan menambah beban elektoral calon yang anda dukung, saya dapat pastikan itu.

Tertuju kepada pelaku politik negative, berbohong dan menghina tidak membuat anda lebih baik dalam mendukung paslon idaman anda, tidak pula anda akan mendapatkan rasa hormat . Saya mengutip sebuah kata - kata Syaidinna Ali yang mahsyur “Orang Yang suka berkata Jujur akan mendapatkan tiga perkara , Kepercayaan, Cinta dan rasa hormat.”

Mari Kita hentikan Politik kampanye negatif, saat ini adalah masa pandemi , Masa dimana saudara saudara kita banyak mengalami kesusahan. Masa dimana kita harus membuktikan solidaritas bukan malah membangun perpecahan.

Akhir kata saya mengajak seluruh masyarakat yang sedang mengikuti pesta demokrasi untuk menyiarkan tagar #PolitikKEMANUSIAAN , Dari bangka Belitung kita tunjukkan bahwa politik kita adalah politik yang santun dan baik. 

Hentikan semua politik pembusukan, politik adu domba dan lain sebaginya, ayo kita pakai #PolitikKEMANUSIAAN untuk pilkada serentak 2020. Mari kita fokus pada kampanye positif, beradu gagasan yang baik dan berlomba-lomba dalam memberikan ide positif untuk bangka Belitung kedepan.

Pangkalpinang 4 -10 -2020(*) 



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE