Tujuh Hari Waktu Partai Pengusung Beriman untuk Siapkan Pengganti

Herdian wow    •    Minggu, 04 Oktober 2020 | 19:13 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi.(her/wb)
Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi.(her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com - Dengan meninggalnya Petahana Calon Bupati dari pasangan Beriman nomor urut satu akan membuat peta politik di Pilkada Bangka Tengah sedikit berubah.

Berkenaan dengan hal itu, Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi mengatakan tahapan Pilkada tetap berlanjut.

Menurutnya pada PKPU No 3 Tahun 2017 terdapat tiga klasifikasi yang dapat menyebabkan seorang calon tidak dapat melanjutkan tahapan Pilkada ke jenjang berikutnya, yaitu alasan kesehatan permanen, berhalangan tetap, dan telah dinyatakan bersalah dan memiliki putusan pengadilan yang inkrah.

"Proses penggantian ini pada dasarnya adalah pada 30 hari sebelum pemungutan, ini kalau kita berbicara pergantian ya. Tetapi kalau terjadi dulu calon berhalangan tetap maka partai pengusul memiliki waktu 7 hari untuk menentukan dan menyerahkan nama calon pengganti tersebut," terang Rusdi, Minggu (4/10/2020).

Ia melanjutkan calon pengganti bisa saja Cawabup yang naik sebagai Cabup dan diisi oleh cawabup baru, atau Cawabup tetap sebagai Cawabup dan ada Cabup baru, dan menurutnya itu tergantung dari keputusan dari partai pengusung paslon Beriman tersebut.

"Kami mungkin besok (5/10/2020) sebagai langkah awal akan menyurati dulu tentang penyampaian pengusulan pergantian calon, apabila sudah lewat dari tujuh hari maka tidak bisa lagi menggantikan serta dinyatakan gugur, dan tahapan Pilkada Bateng akan tetap dilanjutkan dengan calon tunggal," tukasnya (her/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL