Evakuasi KMP Mutiara Pertiwi 3, Tim Patkamla Menumbing Gerak Cepat

Chairul Aprizal    •    Senin, 12 Oktober 2020 | 13:37 WIB
Lokal
Caption: Proses evakuasi yang dilakukan tim Patkamla Menumbing, Minggu (11/10/2020) malam. (rul/wb)
Caption: Proses evakuasi yang dilakukan tim Patkamla Menumbing, Minggu (11/10/2020) malam. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com --  Tim Patkamla Menumbing 1.3-46 yang terdiri dari jajaran Lanal Babel dan Pos TNI AL Mentok melaksanakan SAR dan evakuasi penumpang KMP Mutiara Pertiwi 3 yang nyangkut di Karang sekitar Karang Aji, Bangka Barat, Minggu (11/10/2020) malam.

"Patkamla Menumbing 1.3-46 yang merupakan Unsur Patroli jajaran Lanal Babel dan Posal Muntok melaksanakan SAR dan Evakuasi cepat penumpang KMP Mutiara Pertiwi yang karam di perairan Karang aji Muntok," dijelaskan Komanda Pos TNI AL Muntok Kapten (Laut) Yuli Prabowo, Senin (12/10/2020).

Pria yang akrab disapa Bowo itu, menjelaskan, setelah pihaknya mendapatkan informasi dari KSOP Muntok, KMP Mutiara Pertiwi 3 bertolak dari Pelabuhan Tanjung Api-api menuju Pelabuhan tanjung Kalian Muntok pukul 14.00 WIB dan karam pada malam hari langsung melaksanakan operasi SAR dan evakuasi.

"Keseluruhan penumpang maupun supir truk dan minibus berhasil di evakuasi dari KMP Mutiara Pertiwi ke kapal KN Kalian milik Navigasi oleh Patkamla Menumbing 1.3-46 bersama KP 27 Polairud Bangka Barat dalam waktu setengah jam," tandasnya.

Evakuasi cepat untuk menyelamatkan para penumpang dan ABK KMP Mutiara Pertiwi 3 direspon langsung oleh Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E.,M.Tr.Hanla dengan memerintahkan Danposal Muntok Kapten Laut (T) Yuli Prabowo untuk memimpin langsung evakuasi dengan on board di Patkamla menumbing 1.3.46.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE