Terima Gaji Rp 650 Ribu, Pendaftar KPPS Masih Sepi

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 13 Oktober 2020 | 10:59 WIB
Pilkada
Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Belitung Timur, Asrikhah.(ist)
Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Belitung Timur, Asrikhah.(ist)

MANGGAR, www.wowbabel.com -- Dua hari jelang masa penutupan pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 14 Oktober 2020, jumlah pendaftar KPPS masih di bawah target.

Padahal, KPU Kabupaten Belitung Timur menargetkan minimal 2.223 orang untuk menjadi KPPS. Jumlah itu termasuk pengamanan yang akan bertugas pada pelaksaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur pada 9 Desember 2020.

Pendaftaran KPPS di Desa Padang Kecamatan Manggar misalnya. Dari 135 orang untuk 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibutuhkan, baru 80 orang yang mendaftar. Begitu pula dengan Pendaftar KPPS di Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar. Dari 54 orang yang dibutuhkan untuk 6 TPS, yang mendaftar baru 28 orang.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Belitung Timur, Asrikhah menyatakan hingga saat ini KPU Beltim belum mempunyai data pasti berapa jumlah pendaftar KPPS di Kabupaten Beltim. Namun Dia mengungkapkan untuk data awal sebenarnya sudah cukup banyak data pendaftar KPPS yang masuk di KPU Beltim.

“Kami belum tahu jumlah pastinya. Memang di awal kita minta dulu nama dan NIK pendaftar untuk kroscek dan screenning data di SIPOL dan periodesasi,” jelas Asrikhah seusai kegiatan Fasilitasi Media Center Tahapan Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2020 di Warkop Milenium Manggar, Senin (12/10/2020).

Asrikhah menyatakan adanya persyaratan terbaru usia KPPS harus minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun membuat kesempatan bagi masyarakat kian terbatas. Dalam aturan terbaru tersebut, pertimbangannya karena di masa pendemi usia rentan itu di 50 tahun ke atas.

“Masa periodesasi juga maksimal dua kali menjabat sebagai KPPS. Hal ini lebih karena kita ingin ada regenerasi, artinya jangan sampai hanya orang-orang itu saja yang bertugas,” kata Rika sapaan akrab Asrikhah.      

Rika menekankan jika hingga 14 Oktober 2020 besok, jumlah pendaftar belum mencapai kuota yang ditetapkan maka KPU Beltim akan memperpanjang waktu pendaftaran KPPS.

“Kalau untuk honor memang kita ada penambahan sekitar Rp 100 ribu. Untuk Ketua KPPS Rp 650 ribu, anggota Rp 600 ribu, dan petugas Pengamanan TPS Rp 500 ribu,” ujar Rika.

Total jumlah TPS di Kabupaten Beltim mencapai 247. Jumlah petugas tiap KPPS 7 orang ditambah dua orang untuk pengamanan TPS sehingga total yang dibutuhkan sebanyak 2.223 orang. @2!    




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL